Review Depermana12 Web Tutor Blog

Desember 23, 2013



Review Depermana12 Web Tutor Blog
 KuReview – Musim penghujan pun tiba. Ada yang namanya keuntungan serta kerugian kalau yang namanya musim penghujan sudah tiba. Mulai dari adanya banjir, jemuran yang tak kunjung kering, tanaman yang waktu kemarau kering menjadi basah, tanah yang berdebu hilang serta masih banyak lagi.

Walaupun musim hujan, hal itu sepertinya tak berpengaruh pada kegiatan reviewku di KuReview. Malah kali ini, aku mendapatkan undangan untuk mereview salah satu website yang berisikan tutorial nge-blog. Yaitu Depermana12Web Tutor Blog. Yuk, kita simak bersama sama review saya pada website ini :

 



1. Identitas Website :


Pertama-tama serta  memang yang paling utama adalah mengetahui identitas itu sendiri. Soalnya tanpa kita tahu identitas website tersebut, dari mana kita dapat mengetahui keaslian atau keabsahan (benar tidaknya) informasi yang kita dapat. Beberapa pemilik blog, memang kadang tak mencantumkan identitas website / blog sehingga membuat para pengunjungnya menjadi kebingungan jika ingin berkenalan dengan admin. Entah untuk saling follow atau pun ingin menambah teman sesame blog.

Inilah data yang berhasil saya dapatkan dari Dermana 12

Nama Website : Dermana 12
URL                 : http://www.depermana.com/
Contact            : Ada , tetapi berisikan form untuk memberikan kritik serta saran
Widget Penulis :  Ada, di side bar
Laman About : Ada, yang berisikan biodata pemilik blog

 



2. Kecepatan Website :

Lanjut ke poin no 2 mengenai kecepatan website. Sesuai dengan kebiasaan saya, kalau masalah kecepatan website ini, saya menyerahkannya pada gtmetrix. Kalian tahu hasilnya, berapa kira kira kecepatan blog Depermana12? Ternyata cukup cepat juga! Hanya  6 Detik kita sudah bisa membuka blog ini.

Review Depermana12 Web Tutor Blog Nilainya pun, mendapat A dan C. lantas, bagaimana jika kita bandingkan kecepatan Depermana12 dengan KuReview? Sungguh di luar dugaan saya. Bahkan saya bisa di bilang shock!! 

Kenapa? Kecepatannya 83% lebih cepat dari pada milik saya. T_T JAdi punya saya sangat dan lebih lama dari Depermana12
 

Review Depermana12 Web Tutor Blog

Kok bisa ya? Ya mana saya tahu. Kalau ini pasti gara gara widgetnya, templatenya yang juga mempengaruhi. Serta konten yang di isikan. Tak tahulah aku! Bikin nyesek di hati memang kalau kita mengetahui perbandingan kecepatan website kita dengan orang lain. Dan orang lain lebih cepat dari pada milik kita.

3. Konten  /  Postingan Website :

Lanjut ke poin no 3 pada Review Depermana12 Web Tutor Blog di mana akan saya jelaskan serta saya beri kritik dan saran mengenai tampilan serta isi postingan pada Depermana12 ini. Mari kita baca dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat singkatnya(Bukan proklamasi ye) 


a) Pemberian Poin atau Sub Judul pada setiap postingan. Entah karena emang buat SEO atau untuk memberikan pengunjung kenyamanan dalam membacanya. Poin atau sub judul sama pentingnya ketika membaca judul. Namanya aja juga sub judul, jadi fungsinya pun mempermudah pembaca untuk “memilih” mana yang ingin pembaca ingin di baca pada postingan. Paham? Kalau tidak silahkan di baca ulang. Oke?

b) Bahasa yang tak terkesan Baku. Loh? Ini baik atau tidak? Tergantung. Tergantung tujuan siapa pembaca website tersebut. Kalau yang di tujukan adalah anak muda, tentu saja itu bagus. Kecuali jika di tujukan kepada para sarjana, kaum intelek yang mencari bahan referensi makalah atau sripsinya. Bisa di pastikan akan meninggalkan website itu secara mentah-mentah jika tak menggunakan bahasa yang formal. Berarti bagus donk tak terkesan baku pada Depermana12? Tentu, karena website ini adalah website tutorial blogging.

Review Depermana12 Web Tutor Blog

c) Kadang tidak konsisten dalam penulisan. Tidak konsisten bagaimana? Maksud saya adalah ada beberapa artikel yang saya rasa begitu berbeda dengan ciri khas blog Depermana12 ini. Yaitu sebut saja postingan tentang memperbaiki bot auto retweet. Secara kasat mata , kita bisa mengetahui(atau orang awam akan menebak) bahwa Depermana12 adalah sebuah website tutorial yang khusus untuk dunia blogging. Bukan hanya itu saja, saya juga menemukan beberapa artikel yang taka da kaitannya dengan blog. Bukan karena apa. Tapi ada kalanya pengunjung menjadi kurang begitu percaya dengan apa yang ia baca. Tak paham? Okelah saya beri contoh. Misalkan ada blog yang berisikan jurnal harian. Yang isinya hanya berisikan diary harian seorang anak SD. Tiba tiba saja , ia memposting tentang cara mendapatkan uang 1 Juta. Kira kira ada yang percaya? Tentu saja akan banyak yang tidak percaya. Karena apa? Hal itu berbeda dengan kebiasaan blog tersebut. Lebih mudahnya ketika orang gemar mencuri menjadi tak mencuri lagi. Orang akan susah untuk percaya.

d) Susunan postingan berurutan. Dalam artian kita tahu mana yang di maksud kalimat utama, kalimat penjelas , kalimat pembuka serta penutup. Kalau kita tahu, pembaca akan mudah untuk mengetahui isinya. Sehingga dengan cepat mendapaatkan info yang dia inginkan. Seperti halnyas saya yang ketika blogwalking hanya membaca paragraph yang intinya saja. Tak membaca pembuka ama penutup. Jadi kan hemat waktu bukan?


4. Widget, Sidebar, Font Dst

Lanjut pada poin no 4, di mana saya akan memberikan saran serta kritikan yang berkaitan dnegan sidebar, font serta widgetnya. Memang saya sempat bingung mau mengkritik apa. Mengingat secara umum tampilan sidebar sudah tertata rapid an enak kalau di lihat.
 
a) Font yang memudahkan untuk di baca. Ini yang harus di utamakan memang. Tampilan font yang bagaimanakah yang membuat pembaca menjadi betah untuk membaca tutorialnya dan ternyata Depermana12 memberikan kualitas font yang membuat mata pengunjung menjadi keenakan (enak di baca, enak di praktekan)

Review Depermana12 Web Tutor Blog 
b) Navigasi blog manjakan pengunjung. Pertama datang langsung di manjakan dengan adanya menu yang super keren. Ada gambarnya, serta menu yang tersusun dengan rapi. Serasa raja memang. Karena ketika kita datang berkunjung, di berikan tampilan menu. Kalau di restoran, pelayannya sudah datang memberikan menu yang dengan mudah dapat kita pilih. Bagus bukan?

Review Depermana12 Web Tutor Blog
c) Kotak Komentar ada. Memang ada dan saya mewajibkan sebuah kotak komentar malah. Karena kotak komentar blog atau facebook merupakan suara dari pengunjung. Jangan samapai sebuah blog tak memberikan kotak komentarnya. Depermana12 pun memberikan pengunjung kebebasan untuk berbicara. Namun, tak semua orang bisa menggunakan kota komentar. Karena terlihat tak ada pemilihan komentar untuk Anonymous atau Name/URL.

d) Penataan widget penulis, follow twitter, like facebook serta subscribe yang mengganjal hati. Kenapa seperti itu? Kata guruku Seni Budaya, ada kalanya penataan yang bagus itu berasal dari yang panjang sampai pendek. Ada baiknya urutannya seperti Follow G+, twitter, facebook, lalu G+ lagi.


5. Lain Lain

Berada pada poin terakhir. Poin no 5 pada websiteku ini, KuReview untuk mereview Depermana12 Web Tutor Blog. Poin lainnya. Isinya? Ya terserah akulah. Namanya juga lain lainnya. Berarti isinya ya yang lain. Simak aja ya?hehehe

a) Tutorialnya bisa selesaikan masalah pengunjung. Saya membaca sendiri tutorial di blognya Depermana12 semuanya bisa di praktekkan. Toh kalau tidak bisa, kana da kotak komentar? Jadi dengan begitu akan lebih mudah untuk mencobanya. Tanpa takut gagal. Toh kalau gagal bisa Tanya bukan?

b) Admin aktif. Aktif maksudnya rajin membalas komentar para blogger. Walaupun tak bsia 24 jam, tetapi admin blog selalu dan berusaha untuk menjawab setiap komentar. Ini terlihat dari beberapa komentar yang semuanya di tanggapi dengan baik oleh admin tersebut.



Kesimpulan :

Akhirnya sampai juga pada kesimpulan dari Review Depermana12 Web Tutor Blog. Kesimpulan yang kita dapatkan berdasarkan aku melihat, memahami dengan cermat bahwasanya MEREKOMENDASIKAN Depermana12 sebagai salah satu tempat mencari tutorial blogging.

Semoga dengan begini, menambah referensi kalian mengenai website yang ada di Indonesia ini. Happy Blogging semuanya. Terima kasih juga karena kalian sudah menyempatkan diri untuk membaca review saya ini. Baca juga Hello Fktv sebagai Tempat Karaoke Keluarga   dan .Review Samartphonely Web Tekno

You Might Also Like

5 komentar

  1. makasih banyak gan, perasaan ane meledak-ledak bisa direview blog ini, emang bener ya seseorang gk akan tahu kelemahannya kalo bukan orang lain yang memberi tahu :D
    langsung ane benerin masukan dari agan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan.. sama sama :)
      smoga senang dengan review saya..

      Hapus
  2. wah sangat luar biasa mas review nya. Sangat kritis dan mengena. Terimakasih banyak ya atas share nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. sama sama :)
      mw di review juga? heehe biar makin banyak tulisan blog ini :3

      Hapus

- Berkomerntarlah dengan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti.

-Apabila review di KuReview terdapat kesalahan, atau pun ingin memberikan kritik dan saran, silahkan menghubungi kami di Contact Us