Kerugian Membeli Android Murahan

Agustus 13, 2014


Kerugian Membeli Android Murahan
KuReview – Zamannya sekarang memang zamannya smartphone. Handphone yang tidak smartphone pun, mulai tersingkirkan. Walaupun, pengguna smartphone masih belum banyak. Begitu pula pendukung smartphone masih jarang kita temukan. 

Contohnya saja pendukung smartphone :

- Sinyal kuat, hal ini masih jarang di temukan operator yang di mana mana sinyalnya selalu kuat agar kita bisa menikmati semua fitur smartphone atau gadget kita. Bahkan dirumahku yang jaraknya tidak ada 10 KM dari Kota, untuk membuka play store saja tidak bisa

- Harga Paketan masih mahal. Kualitas atau kuantitas? Itu yang selalu ada di benak para pengguna smartphone di Indonesia. Ketika harus memilih paket internet yang mahal, tetapi operator memiliki jaringan sinyal yang OK. Atau paket internet yang murah, tetapi memiliki jaringan sinyal yang OK tidak di semua tempat

-Service Center hanya di Kota Besar. Bukan indonesia kalau pemerataan belum bisa. Masih banyak di daerah daerah yang kecil, kota kecil serta jauh dari kota besar yang memiliki service center. Malah, kadang harus kirim barang ke service center yang lumayan jauh.

Namun, Alhamdulillah di Indonesia sudah bermunculan pendukung smartphone, misalkan saja harga harga smartphone yangrelatif murah. Ya, walaupun murah belum tentu berkualitas. Malah kebanyakan smartphone murah saat ini memiliki kualitas yang jauh dari yang diharapka. Kadang kala, smartphone murah memiliki banyak resiko.

Tetapi, ada banyak juga sekarang smartphone harga murah, dengan kualitas selangit. Memang ini jarang sekali ditemukan. Apalagi, ini malah bisa menjadi masalah keberuntungan. Yang jelas, memilih atau membeli android masalah konsumen yang harus ahli dalam memilih barang.

Berikut ini KuReview memberikan ulasan serta review mengenai 6 Resiko Smartphone Murah yang saya dapatkan di kaskus dengan beberapa perubahan kata dan kalimat :


1. Material bodi ponsel berkualitas rendah


Namanya juga Android murah, setiap perusahaan pasti ingin untung. Tidak rugikan? Oleh karena itu, mereka pastinya dengan menjual harga Android yang murah, kualitas Hardwarenya perlu di pertanyakan. 

Pengaplikasiannya, maka material bodi yang ‘murahan’, barang yang mudah pecah. Misalnya saja, smartphone android yang murah, apabila jatuh langsung tidak bisa di pakai. Atau , terkena air sedikit saja sudah rusak. Namanya juga kualitas Hardware yang murah.


Bandingkan dengan smartphone Android kelas menengah atas, dimana bodinya kuat dan sisi layar pun rata-rata sudah terbuat atau dilapisi material hard glass ataupun Gorilla Glass hingga terhindar dari goresan atau pun pecah karena benturan.


2. Layar berkualitas rendah


Kerugian Membeli Android Murahan
Display atau yang lebih popular disebut layar, merupakan salah satu komponen penting dalam Android. Karena, smartphone saat ini semuanya touchscreen. Malah sekarang sudah air touchscreen atau apalah namanya. Pokoknya yang bisa di kendalikan tanpa menyentuh layarnya.

Dengan harga yang murah, maka bisa di pastikan layar kita dapatkan kurang optimal. Kurang optimal di sini bisa saja :

- Layarnya yang susah untuk di kendalikan (ketika menggunakannya, susah)

- Pencahayaan yang sangat menyakitkan mata (karena tidak bisa lebih redup atau terlalu terang) serta detail warna yang kurang

- VGS yang di bawah standard sehingga tidak bisa membaca video kualitas 720px. Atau alah 480px saja tidak bisa.

Bisa kita lihat layar ponsel andoid kelas tengah, yang mengusung display IPS (in-plane switching), dengan performa yang jernih, terang dan tajam.


3. Prosesor Rendah dan RAM Kecil



Dengan harga smartphone saat ini yang murah, bisa di pastikan memiliki Prosesor rendah serta kualitas RAM kecil. Apa dampaknya jika kualitas RAM Kecil? Dapat di pastikan kemampuan multitasking atau membuka banyak program akan membuat android menjadi lambat. Saat ini pun, RAM yang 512 MB saja sudah banyak yang lambat disebabkan apps saat ini yang menyita banyak ruang memori. Sebut saja BBM yang memuat banyak service di RAM.


4. Tak dapat update OS Android terbaru


Biasanya sih, saya dengar kabar kalau Android murah, tidak menyediakan update firmware system androidnya(kalau tidak tahu, silahkan klik disini apa itu firmware system). Kenapa? Karena untuk update firmware system, vendornya juga harus mengeluarkan biasa tambahan untuk pengadaan software. Hingg akhirnya, kita tidak bisa upgrade beberapa apps yang ada di play store. 

Bahkan, beberapa android yang memiliki harga selangit, sebut saja Samsung dkk, maka perusahaan tersebut (tentu saja dengan androidnya yang mahal mahal) akan menyediakan update androidnya yang tentu saja disesuaikan dengan hardwarenya.

5. Tak Didukung Teknologi 3G/HSDPA

ini nih yang sangat berbahaya  dan harus di pastikan apabila ingin membeli android. Sudah di dukung 3G tidak? HSDPA tidak? Atau jangan jangan cuman EDGE -_-.
Memang untuk sebatas chat, EDGE tidak masalah, tapi masalah lain kalau untuk browsing dan download. Bisa bisa, 1 Tahun lamanya untuk download apps dengan sie 55 MB. Tidak percaya? Buktikan saja deh.


6 Baterai Mudah Rusak

Kerugian Membeli Android Murahan
Baterai Hamil
Kalau ini yang berbahaya. Baterainya bisa hamil dan meletus. Sudah banyak nih kasusnya di kalangan kaskuser dan konsumen. Banyak yang sudah merasakan resiko atau kerugian dari baterai yang murahan akibat membeli android yang kualitasnya juga di pertanyakan. Biasanya, kejadian macam ini terjadi ketika kita membeli android yang murah tetapi kualitas display, hardware yang lain bagus. Tetapi, baterainya malah bisa hamil -_-

Yah, mungkin itu sekiranya artikel saya mengenai Kerugian Membeli Android Murahan. Memang , dalam masalah barang elektronik, perlu ada kejelian. Tidak semua yang murah itu murahan, hanya saja, kita perlu melihat ulasan, review dari para blogger,kaskuser,konsumen serta mereka yang bisa dan tahu mengenai barang elektronik.
Jangan malu malu untuk bertanya kepada seller ketika akan membeli barang elektronik. Jadi? Keberuntungan, kejelian, kepintaran dalam membeli sangat di butuhkan dalam mendapatkan smartphone yang berkualitas tetapi pas di kantong.

Terima kasih telah membaca Kerugian Membeli Android Murahan di KuReview. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

Selamat Tinggal…


Sumber : Kaskus

You Might Also Like

0 komentar

- Berkomerntarlah dengan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti.

-Apabila review di KuReview terdapat kesalahan, atau pun ingin memberikan kritik dan saran, silahkan menghubungi kami di Contact Us