5 OS Linux Terpopuler

Februari 05, 2015

5 OS Linux Terpopuler


KuReview – minimnya pengetahuan mengenai linux, membuat saya ingin memperkenalkan Linux kepada masyarakat. Melanjutkan perjuangan para master,master yang lainnya. Kelak saya ingin , KuReview menjadi sebuah situs yang memberikan penjelasan-penjelasan yang menarik. Entah seputar Linux, Open Source, Tutorial Pemrograman serta masih banyak hal lainnya yang bisa nanti saya tulis dan saya share di sini. Sebagai Mahasiswa Teknik Informatika, hal ini juga untuk memberikan saya latihan agar bisa menyalurkan ilmu dan melatih ilmu yang telah saya dapatkan sebelumnya.

Step dan langkah awal saya adalah sharing Ebook serta situs untuk belajar serta pengenalan Linux. Oleh karena itulah saya berinisiatif membuat artikel 5 OS Linux Terpopuler sebagai salah satu langkah awal mengenalkan Linux. Tentu saja, OS Linux yang popular ini yang saya lansir dari Distrowatch yang paling banyak di download dan paling banyak digunakan.

Ada berbagai alasan kenapa kita bisa menggunakan OS berbasis Linux dan Open Source. Mulai dari menginginkan tantangan OS yang cukup membuat kita berpikir, mencari yang tidak ada virus, mencari yang taka da blue screen serta masih banyak alasan lainnya yang mendasari seseorang memilih memakai linux.

Langsung saja kit abaca bersama sama mengenai 5 OS Linux Terpopuler di bawah ini. Pertama , di duduki oleh Linux Mint.

1 Linux Mint

5 OS Linux Terpopuler Linux Mint
Desktop Linux Mint
  • OS Type: Linux
  • Based on: Debian, Ubuntu (LTS)
  • Origin: Ireland 
  • Architecture: i386, x86_64
  • Desktop: Cinnamon, GNOME, KDE, MATE, Xfce
  • Category: Beginners, Desktop, Live Medium
  • Status: Active
Linux Mint adalah distribusi berbasis Ubuntu yang tujuannya adalah untuk memberikan lebih lengkap out-of-the-box pengalaman dengan memasukkan plugin browser, codec media, dukungan untuk pemutaran DVD, Java dan komponen lainnya. Ia juga menambahkan custom desktop dan menu, beberapa alat konfigurasi unik, dan antarmuka paket instalasi berbasis web. Linux Mint adalah kompatibel dengan repositori software Ubuntu.

Homepage : http://linuxmint.com/
Distribution Release: Linux Mint 17.1 "KDE"

Versi ketika penulisan artikel ini di buat, adalah 17.1 dengan Desktop Enviromentnya adalah KDE. Karena setahu saya, DE defaultnya adalah Cinnamon. OS ini memang ditujukan untuk kegiatan sehari-hari. Dengan tampilannya tidak jauh beda dengan windows sehingga para pemula tidak kebingungan dengan tampilan awal Linux Mint

2 Ubuntu

5 OS Linux Terpopuler Ubuntu
Desktop Ubuntu
  • OS Type: Linux
  • Based on: Debian, Ubuntu
  • Origin: Isle of Man 
  • Architecture: armhf, i686, powerpc, x86_64
  • Desktop: Unity
  • Category: Beginners, Desktop, Server, Live Medium
  • Status: Active
  •  
Ubuntu adalah sistem operasi desktop Linux yang lengkap, tersedia secara bebas dengan kedua komunitas dan dukungan profesional. Komunitas Ubuntu dibangun di atas ide-ide yang tercantum dalam Ubuntu Manifesto: bahwa perangkat lunak harus tersedia tanpa biaya, perkakas perangkat lunak harus dapat digunakan oleh pengguna dalam bahasa lokal mereka dan keterbatasan fisik, dan bahwa orang harus memiliki kebebasan untuk menyesuaikan dan mengubah perangkat lunak mereka menurut dengan apa yang mereka lihat cocok. "Ubuntu" adalah kata kuno Afrika, yang berarti "kemanusiaan kepada orang lain". Distribusi Ubuntu membawa semangat Ubuntu ke dunia perangkat lunak.

Home Page : http://www.ubuntu.com/
Development Release: Ubuntu 15.04 Alpha 2

Ketika artikel ini di tulis, rilis terakhir adlaah Ubuntu 15.04 Alpha 2, namun jika kalian ingin menggunakan Ubuntu ini. Saya sarankan untuk memakai Ubuntu 14.10 karena bug di 15.04 Alpha 2 sangatlah banyak. Namun, agaknya saya sedikit trauma memakai Ubuntu disebabkan error yang saya dapat lebih banyak dari pada saya memakai distro lain.

3 Debian GNU/Linux

5 OS Linux Terpopuler Debian
Desktop Debian
  • OS Type: Linux
  • Based on: Independent
  • Origin: Global 
  • Architecture: armel, armhf, i386, ia64, mips, mipsel,powerpc, s390, s390x, sparc, x86_64
  • Desktop: AfterStep, Awesome, Blackbox, Fluxbox,GNOME, IceWM, KDE, LXDE, Openbox, WMaker, Xfce
  • Category: Desktop, Live Medium, Server
  • Status: Active
Proyek Debian adalah asosiasi dari individu-individu yang telah membuat penyebab umum untuk menciptakan sebuah sistem operasi bebas. Sistem operasi ini disebut Debian GNU / Linux, atau hanya Debian untuk pendek. Sistem Debian saat ini menggunakan kernel Linux. Linux adalah bagian benar-benar bebas dari perangkat lunak dimulai oleh Linus Torvalds dan didukung oleh ribuan programmer di seluruh dunia. Tentu saja, hal yang orang inginkan adalah aplikasi perangkat lunak: program untuk membantu mereka mendapatkan apa yang mereka ingin lakukan dilakukan, dari mengedit dokumen untuk menjalankan bisnis untuk bermain game untuk menulis perangkat lunak yang lebih. Debian datang dengan lebih dari 20.000 paket (software precompiled yang terbungkus dalam format yang bagus untuk kemudahan instalasi di mesin anda) - semua itu gratis. Ini sedikit seperti sebuah menara. Pada dasar adalah kernel. Di atas itu semua alat dasar. Selanjutnya adalah semua perangkat lunak yang Anda jalankan pada komputer. Di bagian atas menara adalah Debian - hati-hati mengatur dan pas semuanya jadi semuanya bekerja bersama-sama.

Distribution Release: Debian GNU/Linux 7.0

Bisa di bilang, banyak OS yang basisnya adalah Debian. Sebut saja Ubuntu yang basisnya ada di debian. Sehingga debian sendiri bisa di jadikan Server. Namun, jika digunakan untuk keperluan sehari hari. Bisa digunakan dengan mudah kok. Saya sebenarnya ingin menggunakan Debian pada laptop saya. Namun, hasilnya laptop saya tidak cocok.

4 Open Suse

5 OS Linux Terpopuler Open Suse
  • OS Type: Linux
  • Based on: Independent
  • Origin: Germany 
  • Architecture: i586, x86_64
  • Desktop: Blackbox, GNOME, IceWM, KDE, LXDE,Openbox, WMaker, Xfce
  • Category: Desktop, Server, Live Medium, Raspberry Pi
  • Status: Active
Proyek openSUSE adalah program komunitas yang disponsori oleh Novell. Mempromosikan penggunaan Linux di mana-mana, program ini memberikan gratis, akses mudah ke openSUSE, distribusi Linux yang lengkap. Proyek openSUSE memiliki tiga tujuan utama: membuat openSUSE Linux termudah bagi siapa saja untuk mendapatkan dan yang paling banyak digunakan distribusi Linux; Leverage kolaborasi open source untuk membuat openSUSE paling bermanfaat Linux distribusi dan lingkungan desktop di dunia untuk pengguna Linux yang baru dan berpengalaman; dramatis menyederhanakan dan membuka pengembangan dan kemasan proses untuk membuat openSUSE platform pilihan bagi pengembang Linux dan vendor perangkat lunak.

Homepage: http://www.opensuse.org/
Distribution Release: openSUSE 13.2

Ketika artikel ini dirilis, openSuse merilis 13.2 , saya lupa apa code name dari OS ini. Yang jelas, bagi laptop lama atau memiliki RAM 1GB-an disarankan memakai OS ini. Yah, karena memang OS ini terbilang ringan ‘kata’ para pengguna OS opensuse sih. Karena saya sendiri pun belum pernah memakainya.

5 Fedora

5 OS Linux Terpopuler Fedora
  • OS Type: Linux
  • Based on: Independent
  • Origin: USA 
  • Architecture: armhfp, i686, x86_64
  • Desktop: Awesome, Cinnamon, Enlightenment,GNOME, KDE, LXDE, MATE, Openbox, Ratpoison, Xfce
  • Category: Desktop, Server, Live Medium
  • Status: Active

Fedora (sebelumnya Fedora Core) adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung masyarakat dan dimiliki oleh Red Hat. Fedora mengandung perangkat lunak yang didistribusikan di bawah lisensi bebas dan open-source dan bertujuan untuk berada di tepi terkemuka teknologi tersebut. Fedora memiliki reputasi untuk fokus pada inovasi, mengintegrasikan teknologi baru awal dan bekerja sama dengan masyarakat Linux hulu. Desktop default di Fedora adalah lingkungan desktop GNOME dan antarmuka default adalah GNOME Shell. Lingkungan desktop lain, termasuk KDE, Xfce, LXDE, MATE dan Cinnamon, tersedia. Fedora Project juga mendistribusikan variasi kebiasaan Fedora yang disebut Fedora berputar. Ini dibangun dengan set spesifik paket perangkat lunak, yang menawarkan lingkungan desktop alternatif atau menargetkan kepentingan tertentu seperti game, keamanan, desain, komputasi ilmiah dan robotika.

Homepage: http://fedoraproject.org/
Distribution Release: Fedora 21

Fedora terakhir ketika artikel ini ditulis adalah fedora 21 , tentu saja ada code name dari fedora ini. Namun, aku sendiri juga lupa. Ada kabar bahwa fedora 21 ini memakai DE Gnome Shell yang paling baru. Belum sempat googling untuk memastikannya, fedora 21 ini memakai DE Gnome Shell versi berapa. Tapi fedora bisa menjadi alternative pilihan untuk memilih distro yang paling banyak digunakan.

Salah satu alasan penulisan artikel 5 OS Linux Terpopuler disebabkan, dalam pemakaian linux kadang terdapat beberapa masalah. Seperti ketidak cocokan kedalam hardware atau  bingung dalam instalnya. Ole karena itu, banyak pengguna yang menyarangkan memakai distro linux yang banyak digunakan agar, ketika ada masalah bisa cepat diselesaikan.
Mengingat distro linux tak lepas dari yang namanya error. Walaupun begitu, bagi saya sendiri. Lebih banyak menemui error di OS jendela dari pada OS Linux lainnya.

Mungkin ada beberapa yang penasaran, OS Linux Terpopuler nomor 6 sampai dengan 15. Oleh karena itu, saya akan memberikan nama-nama OS Linux yang popular dilansir dari distrowatch di bawah ini :

6 Magela
7 CentOS
8 Arch
9 Elementary
10 Android x86

Sumber :

Artikel Penting Lain :


You Might Also Like

1 komentar

  1. Distro2 linux terbaik, sangat mudah digunakan dan dikembangkan. Great Article! Ayo bergabung dengan komunitas linux kami, kunjungi http://linux.blog.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus

- Berkomerntarlah dengan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti.

-Apabila review di KuReview terdapat kesalahan, atau pun ingin memberikan kritik dan saran, silahkan menghubungi kami di Contact Us