Technology 5-10 Tahun yang akan di hadapi Mahasiswa IT (Teknik Informatika dkk)

Juni 23, 2015

  Technology 5-10 Tahun yang akan di hadapi Mahasiswa IT (Teknik Informatika dkk)


Assalamu’alaikum . . . 
 
KuReview – semakin berkembangnya zaman. Semakin berkembang pula technology serta tingkat kecanggihan suatu alat dan software. Bahkan jika kita melihatnya. Perkembangan Operating Sistem Android , perkembangannya luar biasa cepat. Jarak antara setiap OS misalkan kitkat dengan lollipop pun hanya beberapa bulan saja. Salah satu kekuatan dari open source dimana perkembangan softwarenya sangat cept di bandingkan dengan closed source.
Namun, bukan itu yang akan kita bahas. Bukan mengenai open source dan closed source. Tetapi mengenai bagaimana kesiapan para mahasiswa Teknik Informatika di UIN Malang dalam menghadapi cepatnya arus perubahan teknologi yang ada. Tentu saja dengan berkembangnya teknlogi maka implementasinya perkembangan bahasa pemrograman yang akan semakin meluas. Boleh jadi hari ini java dan bahasa C yang di atas. Namun, 5 – 10 Tahun lagi. Belum tentu bahasa java dan C. bisa jadi bahasa lain , misalkan php yang di saat ini di gabungkan dengan boostrap menjadikan pekerjaan web develop semakin mudah. Web develop? Yah, bukankah saat ini marak yang namanya koneksi? Setiap di tempat mana pun manusia saat ini pasti mencari yang namanya koneksi internet.

Bicara koneksi internet maka kita akan menyinggung masalah ipv6 yang saat ini belum di ajarkan. Masih di ajarkan ipv4 sehingga kita harus belajar sendiri untuk bisa menguasai ipv6. Tentu saja tidak semua mahasiswa teknik informatika di UIN Malang waji untuk mengetahui ipv6. Karena bagi saya sendiri sebagai mahasiswa semester 2 menuju 3. Seorang mahasiswa teknik informatika perlu untuk focus pada 1 atau 2 hal. Tidak semua materi teknik informatika di lahap sangat dalam. Cukuplah kita paham semuanya namun, mendalami 1 atau 2 hal misalkan jaringan, atau bahasa pemrograman java.

Karena yang kita hadapi tahun 2015 bukan lagi orang orang yang berasal dari Indonesia. Melainkan berasal dari ASEAN. MEA yang akan kita hadapi. Jadi sangat perlu bagi mahasiswa Teknik Informatika untuk lebih giat dalam belajar dan memahami 1 atau 2 hal mengenai Teknik informatika. Atau bisa di bilang peminatan.

Bicara mengenai masa depan dan skill. Saat ini ada banyak istilah-istilah baru yang perlu kita pahami dan pelajari untuk menyiapkan diri kita dalam bekerja atau membangun startup. Misalkan saja Teknologi Internet Of Thing, Cloud Computing, Organic LED (OLED Display), Augmented Reality, Virtual Reality, Stereocospic Holographic, Wearable Technology sampai kecerdasan kolektif. Semuanya benar benar baru. Atau mungkin malah asing di telinga kita.
Sebab itulah, perlu bagi mahasiswa teknik informatika di UINMalang lebih mendalami apa yang dia pelajari dengan memfokuskan diri pada bidang “apa”?
Kita kuliah itu untuk menjadi mahasiswa Teknik Informatika. Bidang kita ya di teknik dan informatika. Jangan karena kita mahasiswa , kita terbawa arus yang tak menentu. Menjadi mahasiswa teknik tapi perilaku seperti mahasiswa ilmu social. Jangan. 
Jangan menjadi apatis. Apatis di sini kapasitas kita ya kapasitas mahasiswa Teknik informatika. Intinya adalah apa yang ingin saya sampaikan di sini adalah jadilah mahasiswa Teknik Informatika yang benar-benar mahasiswa teknik. Bukan sekedar numpang gelar dan numpang lulus kuliah. Kita punya tanggung jawab sebagai mahasiswa, anak dan penerus bangsa.
Jangan sampai kita menjadi orang yang tak bisa di amanahkan. Sebab, kita jadi mahasiswa ini menyingkirkan belasan manusia lain agar kita bisa menjadi mahasiswa. Mimpi kita yang saat ini kita bawa, bukan hanya milik kita. Tapi juga orang lain, serta keluarga.

Semoga kita paham atas apa yang saya sampaikan. Terima Kasih. Sukses selalu mahasiswa Teknik Informatika UIN Malang.
Wassalamu’alaikum…

You Might Also Like

0 komentar

- Berkomerntarlah dengan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti.

-Apabila review di KuReview terdapat kesalahan, atau pun ingin memberikan kritik dan saran, silahkan menghubungi kami di Contact Us