Modul Praktikum Database 2016

September 27, 2016

Hasil gambar untuk postgresql
KuReview - Database menjadi salahs atu matakuliah wajib bagi mahasiswa Teknik Informatika. Tidak terkecuali bagi para calon programmer junior yang saat ini masih menempuh pembelajaran untuk menjadi seorang programmer advance.

Saat ini, di UIN Malang, Jurusan Teknik Informatika, memakai database PostgreSQL untuk menjadi DBMS yang dipilih untuk dipelajari. Entah dari sekian banyak DBMS yangs saat ini ada, DBMS menjadi yang dipelajari. Ada banyak spekulasi mengapa mempelajari PostgreSQL dari pada MongoDB atau Mysql.

Beberapa Spekulasi :

  1. PostgreSQL berbasis Open Souce
  2. Membuat Mahasiswa memakai Terminal untuk mengoperasikan database dari pada GUI walaupun semua database juga seperti itu
  3. Memiliki beberapa kelebihan dibanding mysql dan mongoDB , terlihat Uber juga memakai PostgreSQL

Sekali lagi, itu merupakan spekulasi bagi saya sendiri. Dibawah ini merupakan

Modul Praktikum Database 2016 , yang terdiri dari berbagai modul, dari modul 1 - 10 :


  1. PRAK DBD 1 - Pengenalan dan Instalasi.pdf
  2. PRAK DBD 2 - Pembuatan dan Management Tabel.pdf
  3. PRAK DBD 3 - Perintah Dasar SQL.pdf
  4. PRAK DBD 4 - Pengenalan Operator Dasar.pdf
  5. PRAK DBD 5 - Agregasi SQL dan View.pdf
  6. PRAK DBD 6 - Normalisasi.pdf
  7. PRAK DBD 7 - SubQuery Indeks.pdf
  8. PRAK DBD 8 - Fungsi, PL atau PGSQL dan trigger.pdf
  9. PRAK DBD 9 - Koneksi PostgreSQL dengan Java.pdf
  10. PRAK DBD 10 - iReport.pdf

  Semoga Modul Praktikum Database 2016 bisa bermanfaat untuk teman-teman dalam memahami PostgreSQL disamping kita juga membaca dokumentasi PostgreSQL yang bisa diakses di :

  1. Dokumentasi Resmi
  2.  Digital Ocean

Rekomendasi dari saya sendiri, untuk coding / produktivitas menggunakan Distro Linux untuk digunakan. Sebab, selain Terminal di Linux itu bisa dimodifikasi dan juga digunakan untuk install serta berbagai macam perintah, juga bisa digunakan untuk digunakan CRUD Database PostgreSQL. Bahkan untuk belajar PostgreSQL bisa digunakan terutama untuk Distro Mainstream seperti Ubuntu.

Bahkan sebenarnya, menggunakan Distro Linux untuk Programmer merupakan sebuah keputusan yang tepat, selain menggunakan FOSS kita juga belajar menggunakan linux dan menggunakan perangkat yang sesuai dengan profesi seorang programmer yaitu menggunakan Terminal serta Configurasi sendiri Distro Linux kita.

Sekian dan terima kasih telah mampir di KuReview dan akses artikel Modul Praktikum Database 2016, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih


Best Regards,
Naufaldi Rafif Satriya
Ubuntu User

You Might Also Like

0 komentar

- Berkomerntarlah dengan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti.

-Apabila review di KuReview terdapat kesalahan, atau pun ingin memberikan kritik dan saran, silahkan menghubungi kami di Contact Us