1000 Startup Malang : Ignition 1 dan 2

November 08, 2016

Assalamu'alaikum
1000 Startup Malang : Ignition 1 dan 2

KuReview - Akhirnya yang ditunggu - tunggu datang juga. 1000 Startup Roadshow ke Kota Malang. Tempatnya para Startup Singo Edan memulai perjalannnya. Ya, 1000 Startup yang merupakan sebuah program dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang bekerja sama dengan KIBAR (yang selanjutnya disebut "Panitia"), sebuah perusahaan yang bergerak untuk membangun ekosistem startup teknologi di Indonesia, menggagas "Gerakan Nasional 1000 Startup Digital" (yang selanjutnya disebut "Program"). (Sumber : 1000 Startup )

Menurut jadwal yang ada, saat ini berlangsungnya pendaftaran 1000 startup di Malang. Berdasarkan informasi dari email yang saya peroleh, pendaftaran ini akan berakhir pada 14 November 2016.

Berikut saya sertakan fotonya, yang saya dapat dari email panitia.

1000 Startup Malang : Ignition 1 dan 2

Akhirnya ketika kami, Batavia Hack Town (Nama startup saya-red) berencana untuk melihat stage di Tech in Asia Jakarta 2016 sampai Tanggal 20 November 2016 , ini menjadi sebuah ironi. Ya ironi karena Igniton Malang diadakan pada 19 November 2016 sedangkan kami baru akan di Malang sekitar tanggal 21 November 2016.

Akhirnya saya dan tim memutuskan untuk menanyakan masalah ini. Yang intinya, apabila kita tidak mengikuti ignition 1 tetapi mengikuti ignition 2, dan berikut ini fotonya.

1000 Startup Malang : Ignition 1 dan 2



Kalau email balasan ini bagi saya sendiri multitafsir. Antara pertama, jika tidak bisa mengikuti Ignition 1 maka bisa mengikuti ignition 2. Namun, pendaftaran tetap harus diselesaikan pada 14 November 2016. Kedua, pendaftaran ignition 1 dan 2 berbeda. Jadi tidak perlu menyelesaikan registrasi pada ignition 1 tanggal 14 November untuk bisa menyelesaikan ignition 2.

Lalu mungkin bakal muncul pertanyaan. Seberapa pentingnya 1000 Startup ini?
Bagi saya sendiri, ada beberapa hal yang membuat saya menjadi tertarik untuk mengikuti 1000 startup.

Pertama, mensukseskan program pemerintah. 1000 Startup dan Bekup 2.0 ( Program dari bekraf) merupakan dua program bagi unggulan bagi saya sendiri (Saya adalah peserta Bekup 1.0 Kelas Bisnis) sebab, ini merupakan program yang memang memiliki banyak manfaat. Selain kita belajar, menambah networking , memiliki mentor dan fasilitas selama program berjalan. Kita juga membantu pemerintah dalam mencapai tugasnya. Bukankah ini salah satu bentuk kontribusi kepada pemerintah?

Kedua, belajar membangun startup. 1000 Startup pastinya akan menghasilkan banyak sekali startup dari sabang sampai merauke (CMIIW) dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Panitia, dengan pembelajaran terarah dan oleh mentor, maka kita akan lebih siap belajar membangun dari pada harus belajar 'teori' secara individu atau otodidak.

Ketiga, menunjukkan bahwa mahasiswa bisa membangun startup. Kalau kita bisa lolos seleksi Igniton, sama aja kita siap untuk bisa memasuki dunia startup. Siap disini mulai dari ide, team dan niat. Karena dalam mendaftar ada setidaknya 5 Bagian yang harus diisi ketika kita mendaftar di Ignition Chapter Malang.

Keempat, pelopor mahasiswa di kampus untuk bisa bersaing dengan luar kampus. Keluar dari zona nyaman istilahnya. Keluar dari zona yang saingannya hanya mahasiswa se kampus yang bisa membuat kita bosan atau merasa kurang tantangan serta kalau bisa memotivasi teman teman untuk lebih sering dan suka mengikuti program program seperti ini.

Mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan pada artikel 1000 Startup Malang : Ignition 1 dan 2 di KuReview ini. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih

Naufaldi Rafif S
Ubuntu User
Co-Founder Batavia Hack Town
Co-Founder Alim Indev


You Might Also Like

0 komentar

- Berkomerntarlah dengan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti.

-Apabila review di KuReview terdapat kesalahan, atau pun ingin memberikan kritik dan saran, silahkan menghubungi kami di Contact Us