Challenge 100 Days of Code, Its About Istiqomah

Januari 09, 2018


KuReview - Akhirnya aku menulis juga mengenai Challenge tahun 2018 yang sedang saya lakukan. Yup, Challenge ini sebenarnya sudah lama ada sejak awal 2017. Namun, saya sendiri baru mengetahuinya akhir tahun 2017. Saya pun begitu tertarik dengan tantangan ini karena hastagnya #100DaysOfCode ketika saya cari. Banyak sekali orang-orang yang mengikutinya. Mulai dari Developer Skill sekelas profesional hingga orang yang pertama kali belajar bahasa pemrograman.

Saya pun mulai menelusuri mengenai asal muasal  #100DaysOfCode dan ternyata semua berawal dari

Lalu, muncul artikel di Free Code Camp yang menambah keramaian , support dan pembuktian bahwa tantangain ini sangat patut untuk kita ikuti! 



Nah, sehingga saya pun memutuskan untuk memulai Challenge 100 Days of Code di Github saya. teman - teman bisa cek progressnya di Log Github saya.

Seperti yang tertulis di artikel tersebut. Resolusi 2018 mungkin bisa ditambahkan untuk mengikuti Challenge 100 Days of Code ini. Sebab, saya juga sama setujunya bahwa resolusi 2018 yang realistis dan membuat kita semakin terpacu untuk mengerjakan pekerjaan kita yaitu dengan berkumpul dan berinteraksi dengan orang orang yang sama sama sedang belajar seperti kita dan Challenge 100 Days of Code membuat ekosistem tersebut.

Nah, saya pun menulis judul artikelnya Challenge 100 Days of Code , Its About Istiqomah. Yup! karena memang di tantangan ini dikatakan sukses jika kita tidak melewatkan maksimal 3 hari dari setiap code. dan kebetulan saya telah melewati 2 hari. Haha , karena memang pada saat itu saya dan keluarga sedang traveling.  Sehingga tidak memungkinkan saya untung coding. Namun, tentu saja di tantangan ini ada beberapa kemudahan. Bahkan membaca buku mengenai code sudah dihitung sebagai bagian dari coding. Terlihat mudah bukan?

Bisa dibilang banyak hikmah jika kita mulai mengikuti Challenge 100 Days of Code. Entah kamu sudah profesional atau seorang newbie di dunia code. Jika kamu seorang yang profesional ketika mengikuti Challenge 100 Days of Code ini maka kita akan bisa membantu mereka yang baru berkecimpung didunia pemrograman semakin terpacu dan melatih kita untuk konsisten dalam membuat dokumentasi mengenai apa saja yang telah kita lakukan. Jika kamu seorang yang baru, maka kita akan berlatih untuk konsisten dalam belajar dan konsisten dalam submit setiap code ke github dan membuat dokumentasi apa saja yang telah kita pelajari dan kita lakukan.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk mencobanya? Oke, jika ya yuk ikuti Instruksinya!

0. Cek Situs official Challenge 100 Days of Code disini dan jika kamu ingin gabung grub slack disini
1. Baca dahulu artikel di Medium mengenai Challenge 100 Days of Code disini
2. Fork Repo ini dan commit ke Log dan bisa memakai Format seperti ini untuk setiap dokumentasi
3. Code minimal 1 Jam setiap harinya sampai 100 Hari
4. Dorong / bantu orang-orang di twitter untuk lebih bersemangat dalam Challenge 100 Days of Code
5. Ganti Date di Aturan dengan waktu ketika kamu memulainya
6. Hapus contoh dokumentasinya di log / jadikan komentar, lalu isi dengan dokumentasimu sendiri
7. Tweet progressmu setiap harinya dengan tag #100DaysOfCode
8. Follow Bot #100DaysOfCode disini
9 . perhatikan aturan no4 agar kita bisa membantu mereka yang kesulitan dan memberi mereka motivasi ketika melakukan tantangan ini
10. Sewaktu nanti kita menemukan sesuatu yang menakjubkan , cobalah untuk submit Pull Request untuk menambahkannya ke repo atau tweet ke Pak Alexander Kallaway

Nah, reponya bisa kalian lihat disini ya!

Untuk format penulisan twitternya sih bebas asalkan ada isi berupa

Ronde kita ketika mengikuti tantangan ini , hari ketika kita submit dan hastag #100DaysOfCode. Jangan lupa untuk posting juga apa yang kita pelajari dan juga link log atau situs yang sedang kita pelajari.  Contohnya punya saya nih.

Mungkin terlalu simple ya? haha. Tapi tenang saja. karena memang tak ada aturan pasti dalam penulisan dokumentasinya. asalkan mencantumkan hastag #100DaysOfCode udah dari cukup!


Nah, mudah bukan untuk mengikut Challenge 100 Days of Code ? Sekali lagi, tantangan ini bagi saya adalah untuk menguji ke istiqomahan kita di liburan dan disamping saya sendiri mengerjakan Skripsi saya yang berorientasikan kepada Manajemen Perangkat Lunak. Maka, saya pun mengikutinya disamping saya rasa dengan mengikut Challenge 100 Days of Code bisa memberikan dampak yang bagus bagi ekosistem saya. Semoga Challenge 100 Days of Code ini bisa menginspirasi teman-teman dan bisa ikut untuk meramaikannya. Karena saya sendiri sedikit melihat masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi mengikuti tantangan ini.

Lets Code , Lets Challenge ourself for 100 Days of Code and Keep Istiqomah!

Sekian dan nantikan tulisan saya selanjutnya mengenai Challenge One Day , One Week and One Review di KuReview.




Baca artikel saya sebelumnya mengenai Novel Dark Crusdaer, Ilmuwan yang Menghilang ya!

Terima Kasih dan Sampai Jumpa
Malang, 00:14 Selasa 9 Januari 2018
Naufaldi Rafif S

You Might Also Like

0 komentar

- Berkomerntarlah dengan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti.

-Apabila review di KuReview terdapat kesalahan, atau pun ingin memberikan kritik dan saran, silahkan menghubungi kami di Contact Us