UINBuntu , Komunitas Open Source dan Linux UIN Malang

Maret 27, 2018


UINBuntu , Komunitas Open Source dan Linux UIN Malang

KuReview - Sudah 1 Tahun 8 Bulan saya menjadi ketua UINBuntu. Banyak cerita yang saya torehkan, tapi banyak juga kegagalan saya dalam membangun komunitas UINBuntu ini. Mulai dari setiap seminggu sekali melakukan meetup rutin, lalu dibuatnya konsep UINBuntu baru demi menarik minat bakat mahasiswa baru untuk bergabung dengan UINBuntu, bahkan disaat kita melakukan Meetup untuk Rilis Party lokal, cuman di jurusan yang hadir hanyalah 4 orang saja. Termasuk saya sendiri. Alhamdulillah juga, jurusan menugaskan beberapa dosen untuk menjadi Dosen Pembina Komunitas. Bagi UINBuntu sendiri, Pak Ajib telah dimandatkan untuk membina UINBuntu.

Namun, seiring berjalannya waktu, alhamdulillah sudah ada beberapa kawan yang selalu membantu saya dalam merawat. Kalau dari kaka tingkat ada Mas Hafidz, sedangkan dari angkatan saya ada Denny dan Hilmi. Adek tingkat ada si Fadhil. Namun, seiring berjalannya waktu. Saya pun memutuskan untuk menyerahkan kepemimpinan UINBuntu ini kepada Tegar. Mahasiswa Teknik Informatika Angkatan 2016.

Walaupun masih terbilang muda, namun saya menganggap Tegar sudah bisa untuk menjadi pemimpin UINBuntu, walaupun masih minim pengalaman, saya menganggap dia siap. Tentu saja hal ini dia tidak sendirian. Ada beberapa pengurus dari angkatan 2016 yang juga akan mendampinginya dalam mengurus kedepannya UINBuntu, seperti Zaki, Farrah, Tikanyol , Arif dan Nuzulul Huda.

Harapannya dengan bgtu, UINBuntu bisa lebih berkembang dengan dipimpin oleh orang2 yang lebih muda.

UINBuntu , Komunitas Open Source dan Linux UIN Malang
Persiapan Kepengurusan UINBuntu 2018



Nah, awal mula pun saya mengajak Zaki dan Tegar untuk bertemu. Istilah kerennya sih rapat kerja mengenai apa saja yang harus dilakukan agar  UINBuntu bisa berkembang. Sehingga bisa diputuskan beberapa hal terkait nasib UINBuntu seperti :

  1. Meetup setiap 2 Minggu sekali
  2. Materi Meetup dibagi 2. Antara yang Advantage dan juga Newbie
  3. Mengadakan Workshop dalam waktu dekat. Rencananya adalah Workshop Git.
  4. Berkunjung ke Komunitas Linux dan Open Source di Kampus Malang
  5. Sering sharing mengenai materi Linux di Grup biar semakin ramai serta beberapa hal lainnya

UINBuntu , Komunitas Open Source dan Linux UIN Malang

Akhirnya salah satu yang bisa direalisasikan adalah Meetup pertama sejak dibawa oleh kepengurusan 2016. yaitu Meetup mengenai Pengenalan Linux dan Materi mengenai Server, Mail Server dan Web Server.


UINBuntu , Komunitas Open Source dan Linux UIN Malang

UINBuntu , Komunitas Open Source dan Linux UIN Malang

Pengenalan Linux dibawakan oleh si Tegar sendiri. Sebagai salah seorang ketua untuk memberikan materi mengenai pengenalan Linux. Mulai dari awal lahirnya Linux hingga proses instalasi salah satu distro terkenal yaitu Deepin secara live action dan berakhir dengan proses instalasi salah distro linux di laptop mahasiswa baru yang saat itu datang memang berencana untuk mempelajari Linux.


UINBuntu , Komunitas Open Source dan Linux UIN Malang

UINBuntu , Komunitas Open Source dan Linux UIN Malang


Sedangkan materi kedua, yaitu mengenai Server, saya sendiri yang membawakannya. Mengenalkan mengenai server, mail server dan web server. Hingga proses installasi dari mail server dan web server. Namun, sayangnya pada saat itu terjadi kendala dalam installasi mail server. Terutama ketika membuka squaremail. 

Alhamdulillah, antusiasme temen-temen mengenai materi tersebut berjalan lancar. Tak kurang ada sekitar 10 orang yang hadir dalam Meetup UINBuntu tersebut. Mulai dari angkatan 2017, 2016 dan 2015. Bahkan ada dari jurusan kimia yang ikut meramaikan. Senang , walaupun hanya sedikit yang hadir, tapi masih ada minat diantara temen-temen untuk terus belajar hal hal baru.

Harapan saya, sama dengan harapan para sesepuh UINBuntu yang terdahulu. Komunitas tetap eksis dan bisa memberikan dampak kepada jurusan serta civitas akademika dan bisa menggunakan perangkat FOSS dalam mengerjakan tugas kuliah maupun untuk keperluan lainnya.

Semoga dengan adanya artikel ini, bisa memberikan sedikit cerita dari Komunitas UINBuntu yang terus bertahan dan mencoba memberikan dampak kepada jurusan, dan mahasiswa. 

Terima Kasih

Beberapa Grup dan Akun UINBuntu :

You Might Also Like

0 komentar

- Berkomerntarlah dengan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti.

-Apabila review di KuReview terdapat kesalahan, atau pun ingin memberikan kritik dan saran, silahkan menghubungi kami di Contact Us