Review Buku Habits, Perubahan itu Pengorbanan!

April 18, 2018



KuReview - Postingan minggu ini, saya ingin memberikan ulasan atas buku yang beberapa waktu yang lalu telah saya baca. Buku salah satu Ustadz yang bisa dibilang kontroversial yaitu Ustadz Felix Y. Siauw. Saya kira, kita tak perlu berbicara lebih jauh mengenai Ustadz Felix, karena saya sendiri pun yakin banyak orang yang telah mengenal beliau. Jujurpun saya cukup menyukai beliau, yaitu cara dakwah dan penggunaan cara berpikirnya serta tindakannya. Namun, tentu saja saya tidak setuju dengan menerapkan Khalifah di Indonesia dengan menggulingkan pemerintahan yang sah.

Sebenarnya, buku Habits ini merupakan buku yang sangat ingin aku baca sejak dahulu namun baru sekarang bisa kesampaian dalam membacanya. Alasannya karena sedikit teman saya yang memilikinya dan aku mencari di gramedia dulu sempet enggak ada. Tapi syukurlah, ternyata temen sekontrakanku punya buku ini. Bersyukur sekali saya.

Oke, langsung aja kita bakal bicarain buku ini.


1. Daftar Isi

yes, buku ini tidak memiliki daftar isi. Jadi ketika kita membaca dari awal, setelah Muqaddimah langsung dihadapkan pada prologue dan selanjutnya mulai masuk ke bab pertama, yaitu Greet Them! "The Inspirator"

Buku ini memiliki beberapa bab yang memberikan beberapa pokok bahasan seperti :

MyStory , cerita bagaimana Ustadz Felix memulai perubahan dalam dirinya atau merubah habitsnya. Introduction Habits, dimana pada bab ini kita akan mulai mengenai apa itu habits. Munculnya habits itu seperti apa, cara mengubah habits tersebut seperti apa.Bahkan bisa dibilang, bab ini akan memberikan kita wawasan bagaimana habits bisa mempengaruhi kebiasaan, kemampuan seseorang. Selanjutnya , Ustadz Felix akan memberikan penjelasan mengenai habits dengan 5W+1H kepada kita sehingga kita bisa benar-benar memahami habits.

2. Isi

Buku Habits ini isinya benar-benar memberikan wawasan kepada saya bagaimana habits bisa terjadi, bagaimana merubahnya , dampak habits kepada diri kita serta ragam informasi yang bisa kita dapatkan. Tentu saja, Ustadz Felix memberikan contoh dan memberikan analogi serta arahan yang masuk akan sehingga habits yang akan kita target itu bener-bener bisa terjadi alias bukan fiksi / imajiner belaka mengingat , saya dahulu banyak menemukan buku-buku motivasi atau perubahan diri yang membantu berubah tetapi targetnya terlampau jauh. Berbeda dengan habist buku Ustadz Felix ini.

Namun, yang paling saya suka adalah masuknya unsur islam dalam pengembangan dan perubahan diri / pada ketika kita melakukan habits tersebut. Bagaimana islam bisa memberikan kita habits baik, contoh umumnya adalah Ramadhan dimana kita dilatih untukmemiliki habits puasa selama kurang lebih 30 hari dan membuat kita tidak sakit perut / malah terkena penyakit yang lain. Selain itu Ustadz Felix juga memberikan beberapa tips yang bisa membuat kita merubah habits pada diri kita. Walaupun kita diberikan alasan sama Ustadz Felix mengenai susahnya merubah habits, beliau juga memberikan kita cara, alasan untuk bisa merubah habits seberapun resiko atau masalahnya. Seperti salah satu tiang habits adalah learn, practice and repetition. 

Ketika kita membaca Habits, kita juga paham bahwa hampir selalu kita mempertemukan konotasi kalimat bahwa Khalifah itu satu-satunya sistem pemerintahan yang cocok untuk diterapkan di Indonesia. Saya sendiripun memaklumi jika pandangan Ustadz Felix akan sangat mempengaruhi isi dari buku yang beliau tulis. Mengingat memang, sewaktu buku tersebut ditulis, HTI masih diperbolehkan hidup di Nusantara. 

3. Penutup


Tahap akhir buku, lebih menekankan kepada bagaimana kita akan mengeksekusi habits kita. Memberikan kita motivasi, tips dalam melaksanakan habits yang akan kita buat / akan kita rubah. saya sendiri pun tergerah untuk merubah habits dan bisa dibilang berpanduan pada buku Ustadz Felix ini untuk merubah pola pikir, kebiasaan saya guna membuat habits yang lebih baik lagi.




Score :

4/5 

Buku ini saya merasakan cocok bagi kaum muslim yang bener-bener ingin merubah habitsnya dan bisa memahami konteks bahwa Ustadz Felix adalah juga seorang pendakwah sehingga tulisannya sesuai dengan profesinya yang seorang pendakwah sehingga saya bisa merasakan ada kemampuan Ustadz Felix untuk mengajak seseorang agar berubah ke arah yang lebih baik.

Jadi kawan-kawan bisa membaca buku ini bagi yang belum agar biar lebih tergerak hatinya untuk bisa hijrah dan kearah yang lebih baik lagi.

Oke, sekian dahulu Review Buku Habits, Perubahan itu Pengorbanan! , review yang cukup singkat dan mungkin amburadul karena ini kali pertamanya saya review buku yang bukan novel. Semoga bermanfaat ya.

Baca Artikel lain seperti Catatan untuk Pemrograman dan  Pencapaian dan Kegagalan Bulan Maret 


Terima Kasih

Naufaldi Rafif S
Rabu, 18 April 2018

You Might Also Like

0 komentar

- Berkomerntarlah dengan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti.

-Apabila review di KuReview terdapat kesalahan, atau pun ingin memberikan kritik dan saran, silahkan menghubungi kami di Contact Us