Review Pesta Rilis Ubuntu, Fedora dan BlankOn : Pesta Pengenalan Linux

Mei 16, 2018

salah satu repo Fedora dan CentOS yang paling sering orang Indonesia
Banner / Pamflet Pesta Rilis

 KuReview - Minggu kemarin, saya menghadiri salah satu Pesta Rilis yang diadakan oleh POROS dan KLIM. Informasi saja, POROS adalah Komunitas LSO yang mewadahi para penggemar sumber terbuka yang juga telah membuat remaster dari ubuntu yaitu Pi OS. Sedangkan KLIM (Komunitas GNU/Linux Malang) adalah komunitas pengguna, pecinta, pemerhati, dan pengembang GNU/Linux dan Open Source di lingkungan Malang Raya.

Pada tanggal 13 Mei 2018, diadakan Pesta Rilis untuk Ubuntu 18.04 LTS, Fedora 28 dan BlankOn XI  Uluwatu di Universitas Brawijaya Malang. Saya mengetahui informasi ini , dari akun twitter Mas Fadlun.

Pendaftaran

Pendaftaran Peserta
Review Rilis Party POROS x KALIM : Pesta Pengenalan Linux


Acara ini bisa dibilang sebagai acara yang cukup sederhana. Mengingat peserta tidak perlu daftar terlebih dahulu untuk bisa mengikuti Pesta Rilis ini.  Mengetahui hal tersebut, saya mengajak beberapa kawan kawan dari UINBuntu untuk mengikuti Pesta Rilis ini.

Saya bersama dengan kawan kawan UINBuntu pun, datang sekitar pukul 09.10an. Alhamdulillah acara belum benar-benar dimulai. Kami pun mendaftar sebelum masuk keruangan di gedung A2.25 . Sekitar 4 anak dari UINBuntu pun datang pada Pesta Rilis dan segera mendaftar di meja registrasi sebelum memasuki ruangan.

Pesta Rilis Ubuntu 18.04 LTS

Review Rilis Party POROS x KALIM : Pesta Pengenalan Linux
Narasumber Pak Dion

Pengenalan Ubuntu 18.04 dibawakan oleh Pak Dion. Beliau adalah Kontributor Fedora dan CentOS, salah satu repo Fedora dan CentOS yang paling sering orang Indonesia . Intinya orang pro dan sesepuh dah. 

Kami pun dikenalkan dengan Ubuntu 18.04 LTS. Bagaimana perubahan yang didapatkan oleh Ubuntu 18.04 LTS ini. Seperti

  1. Penggunaan GNOME versi 3 untuk Dekstop Environmentnya
  2. Penggunaan Armor untuk melindungi keamanan di Ubuntu
  3. Fitur Night Light
  4. Fitur Perangkat Lunak To Do List

Untuk mengetahui lebih lanjut fitur yang ada di Ubuntu 18.04 teman-teman bisa membaca di Kabar Linux 


Pesta Rilis Fedora 28


Review Rilis Party POROS x KALIM : Pesta Pengenalan Linux
Narasumber Mas Fadlun

Pengenalan Fedora 28 dibawakan oleh Mas Fadlun. Sebagai salah satu kontributor dan pengguna Fedora, wajar mas fadlu yang menjadi narasumber dalam pesta rilis Fedora 28 ini. Mengingat, saya dahulu pernah menggunakan Fedora juga karena arahan Mas Fadlun. Berbeda dengan pengenalan pada Ubuntu 18.10, pada pengenalan Fedora, narasumber mengenalkan Fedora yang masih versi 27 dengan memberikan demo bagaimana upgrade Fedora 27 ke versi 28.

Kami pun sempat dikenalkan dengan Fedora, karena memang saya tidak begitu akrab dengan Distro Fedora tersebut. Seperti penggunaan Gnome versi 3 yang selalu digunakan oleh fedora. Berbeda dengan Ubuntu 18.04, Gnome yang disematkan pada Fedora, berbeda dengan yang didapatkan oleh Ubuntu, yaitu tampilan default.

Selain itu Fedora memiliki 3 variasi. Yaitu Workstation, Server dan Atomic Host.

Berikut beberapa perubahan yang didapatkan Fedora versi 28

  1. Meningkatkan daya tahan batrai
  2. Menambahkan perangkat lunak pihak ketiga (karena sebelumnya sangat kesulitan untuk menambah PPA di Fedora
  3. Mendukung Thunder Bolt
  4. Peningkatan dukungan emoji
Untuk mengetahui lebih lanjut fitur yang ada di Fedora, bisa cek di Kabar Linux atau Fedora Magazine

Pesta Rilis BlankOn XI Uluwatu



Review Rilis Party POROS x KALIM : Pesta Pengenalan Linux

Review Rilis Party POROS x KALIM : Pesta Pengenalan Linux
Narasumber Pak Soewarsono dan Pak Darian

Pengenalan BlankOn XI ini dibawakan oleh salah seorang kontributor dari Blank On , yaitu Pak Sabar Soewarsono   . Sebagai orang dari divisi humas. Juga ada Pak Darian Rizaludin kontributor dari BlankOn bagian Infrastruktur. beliau-beliau memberikan kami pengetahuan mengenai distro BlankOn XI.

Saya dahulu sebenarnya pernah menggunakan BlankOn versi X. Namun, saya belum terbiasa menggunakan BlankOn sehingga memutuskan kembali untuk menggunakan Ubuntu. 

Nah, menarik sekali karena BlankOn XI memiliki banyak sekali fitur seperti :

  1. Dukungan Bahasa Lokal
  2. Permainan Edukasi untuk usia 10 tahunan
  3. Penambahan perangkat lunak untuk perkantoran dan multimedia
  4. Dukungan Flatpak
Untuk lebih lengkapnya, teman-teman bisa mengunjungi Kabar Linux mengenai fitur apa saja yang hadir di BlankOn XI .

Selain itu, dibukanya sesi tanya jawab oleh kawan-kawan POROS dan KLIM. Salah satu teman saya, Ardan author dari Web Ardan7779  yang juga anggota UINBuntu , memberikan pertanyaan dalam penggunaan Libre Office guna mengerjakan tugas akhirnya. Alhamdulillah berkat bertanya hal tersebut. Teman saya mendapatkan buku panduan penggunaan Libre Office. 

Selain buku panduan, penyelenggara acara juga memberikan kaos Libre Office kepada 2 orang peserta yang telah mengikuti acaraPesta Rilis  Ubuntu, Fedora dan BlankOn.

Review Rilis Party POROS x KALIM : Pesta Pengenalan Linux
Ardan mendapatkan buku libre office

Review Rilis Party POROS x KALIM : Pesta Pengenalan LinuxReview Rilis Party POROS x KALIM : Pesta Pengenalan Linux


Acara pun telah berakhir. Salah satu pesta pengenalan Linux kepada para mahasiswa maupun para pengembang telah dilaksanakan. Semoga dengan hadirnya acara ini, membuat minat para mahasiswa dan pengembang untuk ikut dalam penggunaan / kontribusi proyek sumber terbuka semakin tinggi. 

Mungkin cukup sekian tulisan saya mengenai Review Pesta Rilis  Ubuntu, Fedora dan BlankOn : Pesta Pengenalan Linux. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan setiap waktu perilisan Ubuntu, Fedora dan BlankOn. Karena selain minat hati para mahasiswa, pengguna baru distro linux juga mempertemukan kawan kawan yang memiliki minat dalam bidang linux dan proyek sumber terbuka. 


Terima Kasih dan sampai jumpa.

You Might Also Like

1 komentar

- Berkomerntarlah dengan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti.

-Apabila review di KuReview terdapat kesalahan, atau pun ingin memberikan kritik dan saran, silahkan menghubungi kami di Contact Us