Review TED Talk : Terkoneksi, tetapi merasa Sendirian?

Mei 08, 2018


Review TED Talk : Terkoneksi, tetapi merasa Sendirian?


KuReview - Oke, setelah sebelumnya saya menulis mengenai Review TED Talk : Bagaimana berbicara supaya masyarakat mau mendengarkan? , maka selanjutnya saya ingin menuliskan mengenai Review TED Talk : Terkoneksi, tetapi merasa sendirian?. Speakernya adalah Sherry Turkle. Berbicara mengenai sebuah topik yang sangat menarik bagi saya , yaitu "Conneced, but alone?" kalau saya mengartikannya adalah Terkoneksi, tetapi merasa Sendirian?

TED Talk ini, telah ditonton sekitar 4 juta orang sejak tahun 2012. Bahkan saya menyarankan setelah membaca tulisan saya ini, kawan-kawan juga mendengarkan langsung TED Talk tersebut. Namun, disini tentu saja saya akan memberikan poin-poin yang telah disampaikan Sherry Turkle mengenai bagaimana gawai kita dan persona daring kita mendefiniskan dirikita sebagai manusia untuk terkoneksi dan berkomunikasi.

 Gawai dan Media Sosial

Gawai dan media sosial telah merubah kita, bukan hanya secara psikologi merubah apa yang telah kita lakukan, tetapi juga merubah siapa diri kita. Terlihat bagaimana ketika kita rapat, ketika kita duduk berdiskusi, ketika kita kelas. Kita tak bisa lepas dari gawai kita. Entah texting, memperbarui status atau untuk cek email. Padahal seharusnya ketika kita berbicara kepada orang lain, kita harus saling menatap mata lawan bicara kita.

Generasi Saat ini

Masyarakat saat ini seolah setiap orang tidak begitu dekat. Mereka berjauhan. Dimana seolah orang dekat tapi tidak dekat. Tidak berada pada percakapaan yang nyata. Maksudnya ialah dimana ketika kita berbicara pada orang lain, kita tidak bisa merubah apa yang kita ucapkan, kita menghapus apa yang telah kita ucapkan. Bahkan dengan berbicara dengan orang lain, kita bisa melihat, mendengarkan percakapan yang sebenarnya antar manusia. Kita bisa mengetahui gesture, suara mereka , intonasi dan seolah olah kita sendiri bisa merasakan, apakah mereka suka berinteraksi dengan kita.

Bisa dibilang juga, bahwa kita menjadi lebih berharap kepada teknologi. Namun, semakin berharap kepada orang lain. Terlebih kita merasa teknologi memberikan kita kepuasan untuk tidak merasa sendiri. Ilusi bahwa kita memiliki persahabatan. Ilusi bahwa kita memiliki kontrol atas apa koneksi yang terjadi antara kita dengan orang-orang disekitar kita.


Smartphone saat ini juga memberikan kita 3 Ilusi, yang merubah cara berpikir dan hhati kita, yaitu :

1. Kita memberikan perhatian dimanapun kita berada
2. Kita merasakan bahwa kita selalu didengarkan
3. Kita merasa bahwa kita tidak sendirian

Nah, hal ini bisa terlihat ketika kita merasa sendirian, panik, gelisah maka kita akan mengambil gawai kita dan merasakan bahwa kesendirian ini harus segera dihapuskan. Caranya? tentu saja dengan berusaha terkoneksi dengan kawan dunia maya kita. Namun, sebenarnya hal itu bukanlah sebuah jawaban,

Kita juga menggunakan teknologi untuk mendeskripsikan diri kita dengan cara membagikan apa yang kita rasakan dan apa yang kita pikirkan. Seolah olah, apapun yang kita rasakan harus kita bagikan kepada orang orang di media sosial. Seolah olah, jika kita tidak membagikan apa yang kita rasa, maka kita bukanlah diri kita sendiri.

Pada akhir pembicaraannya, saya pun merasa kesulitan untuk memahami apa yang dikatakan Sherry Tukle. Terutama pada bagian adanya sebuah Campaign yang menjanjikan secara daring dan adanya avatar. Mungkin, teman - teman bisa menyimak transcriptnya di sini

Transcript Connected , but Alone ? 

Jujur saja, untuk materi ini saya begitu kesulitan dalam memahami apa yang disampaikan Sherry. Sehingga, hanya sedikit apa saja yang bisa saya serap dan bisa saya review. Bila temen-temen merasa ada yang kebingungan atas tulisan saya ini. Bisa langsung melihat secara langsung. Insya Allah sudah tersedia bahasa Indonesia.

Nah, jika sudah melihatnya mungkin temen-temen merasa review saya ada yang salah atau jelas. Bisa memberikan komentar. Saya tunggu ya! dan terima kasih telah mampir di blog KuReview dan membaca artikel saya, Review TED Talk : Terkoneksi, tetapi merasa Sendirian? dan membaca artikel saya yang lain seperti  Review TED Talk : Bagaimana berbicara supaya masyarakat mau mendengarkan? dan Review Buku Habits


Terima Kasih , sampai jumpa kembali!


Tautan TED Talk : Connected, but alone?
Tautan Youtube : Connected, but alone?

You Might Also Like

0 komentar

- Berkomerntarlah dengan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti.

-Apabila review di KuReview terdapat kesalahan, atau pun ingin memberikan kritik dan saran, silahkan menghubungi kami di Contact Us