OS Linux untuk Belajar Administration and Networking

OS Linux untuk Belajar Administration and Networking

KuReview – Yo, postingan kali ini saya ingin membahas mengenai Administration and Networking. Postingan ini saya peroleh dari salah satu grup Linux yang saya gemari, di mana lagi kalau bukan di Ayo Belajar Linux. Jika belum gabung silahkan untuk gabung di sini . Ini semula ketika ada salah seorang member yang bertanya mengenai “Jenis linux yg cocok digunakan untuk belajar Administration and Networking”.

OS Linux untuk Belajar Administration and Networking

Erba Afidotama

[ASK]
Saya kan mau belajar mengenai administration and networking. Jenis linux yg cocok digunakan itu apa ya gan? RedHat kah? atau ada rekomendasi ya lain?
Terima Kasih

pertanyaan ini rasanya juga pertama kali saya mendengarkannya. Apalagi mengenai masalah Administration and Networking dengan memakai OS Apa ? Hm.. jika saya pun pasti akan menjawab RedHat. itupun jika OS harian Linux sendiri sudah mahir. Maksudnya macam Ubuntu, Linux Mint dan Debian sudah mahir  masalah jaringan di ketiga OS tersdebut.

Ternyata memang beberapa member ABL menjawab hal yang serupa. Namun ada beberapa yang tidak saya mengerti OS-OS yang terdengar baru bagi saya. Berikut jawaban para mastah ABL tersebut.

OS Linux untuk Belajar Administration and Networking

OS Linux untuk Belajar Administration and Networking

Merasa ada beberapa yang asing? Yuk, kita bahas satu persatu.

1 Distro Untuk Router ,Pfsense

Pengertian : “ PfSense adalah, perangkat open source hasil kostumisasi dari FreeBSD yang disesuaikan untuk digunakan sebagai firewall dan router. Selain kuat, firewall yang fleksibel  dan routing platform, didalamnya terdapat fitur-fitur dan sistem paket yang memungkinkan upgrade lebih lanjut tanpa adanya security vulnerabilities untuk distribusi dasar. “ –pfsense.org-

Ada sedikit gambaran bukan dengan pfsense? Bisa di bilang pfsense itu saingannya cisco. Tau cisco bukan? anak jaringan pasti tau apa itu cisco. Apalagi cisco merk terkenal dan berbayar -_-. Bisa di bilang mungkin pfsense anaknya FreeBSD. Saya sendiri sih belum pernah mencoba yang namanya FreeBSD.haha

 
Link Download : https://www.pfsense.org/download/
Tutorial Install Pfsense : https://doc.pfsense.org/index.php/Installing_pfSense
Pembahasan Lebih mendalam : http://ipeph.blogspot.com/2013/12/mengenal-pfsense.html 

2 VyOS 

 Kalau ini sepertinya ane ga banyak tau -_-. silahkan googling sendiri untuk lebih mencari tau mengenai OS ini ya 😀

Link Home : http://vyos.net/wiki/Main_Page
Link Download :http://mirror.vyos.net/iso/release/1.1.5
Tutorial Install : http://vyos.net/wiki/User_Guide

Oh ya, mungkin teman teman sedikit kebingungan apa itu Router OS. Berikut ini akan saya jelaskan apa itu Router OS :

Router OS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan. Sistem operasi router sama dengan sistem operasi pada umumnya, bisa di install di satu komputer untuk kebutuhan jaringan dan ada juga yang sudah melekat pada hardware router.

Tentunya kalian juga mesti paham apa itu artinya router :v
Berikut ini saya kasih tau beberapa sistem operasi router yang sifatnya Open Source.
1. Open WRT 

2. DD- WRT 
3. Clear OS 
4. MonoWall
5. untangle 
6.zeroShell 
7.router OS 
8. Talisman Sveasoft
9. Tomato Firmware
10.  CoovaAP
11. Bifrost (operating system)

3. OpenWrt

“Alih-alih mencoba untuk membuat satu, firmware statis, OpenWRT menyediakan filesystem sepenuhnya ditulis dengan manajemen paket. Hal ini membebaskan Anda dari pilihan aplikasi dan konfigurasi yang disediakan oleh vendor dan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan perangkat melalui penggunaan paket yang sesuai dengan aplikasi apapun. Untuk pengembang, OpenWRT adalah kerangka untuk membangun aplikasi tanpa harus membangun firmware lengkap di sekitarnya; untuk pengguna ini berarti kemampuan untuk kustomisasi penuh, untuk menggunakan perangkat dengan cara tidak pernah dibayangkan.” -OpenWrt-

Link Home  : https://www.openwrt.org/
Link Download : http://downloads.openwrt.org/latest/
Tutorial OpenWrt : http://wiki.openwrt.org/doc/start

4. Linux From Scratch

“Linux From Scratch (LFS) adalah proyek yang menyediakan Anda dengan petunjuk langkahdemi-langkah untuk membangun sistem Anda sendiri disesuaikan Linux sepenuhnya dari sumber.”
-LFS-

Pengertian LFS yang lainnya disandur dari Distrowtach :
Linux From Scratch (LFS) adalah proyek yang menyediakan Anda dengan langkah-langkah yang diperlukan untuk membangun sistem Anda sendiri kustom Linux. Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin menginstal sistem LFS. Pertanyaan yang paling orang menaikkan adalah mengapa harus melalui semua kerumitan secara manual menginstal sistem Linux dari awal ketika Anda hanya dapat men-download distribusi yang ada seperti Debian atau Redhat“. Itu adalah pertanyaan yang valid yang saya harap untuk menjawab untuk Anda. Alasan yang paling penting bagi keberadaan LFS adalah mengajar orang bagaimana sistem Linux bekerja secara internal. Membangun sebuah sistem LFS mengajarkan Anda tentang semua yang membuat Linux centang, bagaimana segala sesuatu bekerja bersama-sama, dan saling bergantung satu sama lain. Dan yang paling penting, bagaimana menyesuaikannya dengan selera dan kebutuhan Anda sendiri.

Link Home : http://www.linuxfromscratch.org/lfs/
Link Download : http://www.linuxfromscratch.org/lfs/download.html 

Namun, seperti apa yang sudah sering orang sampaikan. Untuk memulainya dengan dasar-dasar dahulu sebelum mencari yang “susah”. Karena semua berawal dari ayng easy lalu menuju yang hard. Jadi usahakan sudah mahir dengan Ubuntu, OpenSuse, Linux Mint, CentOS.

hope Artikel ini bisa menambah pengetahuan teman-teman dan saya tentunya. Jika ada kata-kata atau kalimat yang salah silahkan untuk memberitahu saya karena saya adalah manusia dan mahasiswa yang baru aja menginjak semester tiga. Jika ada kurang lebihnya saya mohon maaf.

Terima Kasih telah mampir di Blog KuReview ini. dan membaca  OS Linux untuk Belajar Administration and Networking.

Baca Artikel Lain :

Sumber :
Academia.edu
Ayo Belajar Linux
LFS Home Page
OpenWtr Home Page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *