Tutorial Dasar-dasar Terminal Linux

KuReview – Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja – Wikipedia –

Seperti yang tertera pada judul artikel di KuReview, saya akan memberikan beberapa tutorial Linux yang saya ambil dari berbagai sumber yang ada di internet. Tentunya saya seleksi dahulu mana mana yang patut untuk di cantumkan di artikel Tutorial Dasar-dasar Terminal Linux  KuReview ini. Tentu saja bukan hanya dalam berupa tulisan, namun saya juga akan share beberapa video di Youtube yang sangat bermanfaat untuk kita para pemula di dunia Open Source, dunia Linux.

&
Fungsi : Perintah &dipakai dibelakang perintah lain dan menjalankannya di background. Tujuannya adalah untuk membebaskan shellagar bisa dipergunakan menjalankan proses-proses yang lain.

adduser
Fungsi : Biasanya hanya dilakukan oleh root untuk menambahkan useratau accountyg baru. Setelah perintah ini bisa dilanjutkan dengan perintah passwd,yaitu perintah untuk membuat passwordbagi user tersebut. 
Contoh :

# adduser udin # passwd udin

 Selanjutnya Anda akan diminta memasukkan passworduntuk userudin. Isikan passworduntuk udin dua kali dengan kata yang sama.

alias
Fungsi :Digunakan untuk memberi nama lain dari sebuah perintah. Misalnya bila Anda ingin perintah lsdapat juga dijalankandengan mengetikkan perintah dir,maka buatlah aliasnya sbb:

$ alias dir=ls

Untuk melihat perintah-perintah apa saja yang mempunyai nama lain saat itu, cukup ketikkan alias. Lihat juga perintah unalias.

bg
Fungsi : Untuk memaksa sebuah proses yang dihentikan sementara(suspend) agar berjalan di background. Misalnya Anda sedang menjalankan sebuah perintah di foreground(tanpa diakhiri perintah &) dan suatu saat Anda membutuhkan shelltersebut maka Anda dapat memberhentikan sementara perintah tersebut dengan Ctrl-Zkemudian ketikan perintah bguntuk menjalakannya di background.Dengan cara ini Anda telah membebaskanshelltapi tetap mempertahankan perintah lama berjalan di background.Lihat juga perintah fg.  

cat
Fungsi : Menampilkan isi dari sebuah file di layar.
Contoh :

$ cat namafile

cd
fungsi: digunakan untuk berpindah ke direktori lain.

chgrp
fungsi :
Perintah ini digunakan untuk merubah kepemilikan kelompok file atau direktori. Misalnya untuk memberi ijin pada kelompok atau grup agar dapat mengakses suatu file. Sintaks penulisannya adalah sbb:

# chgrp <grup baru> <file>


 chmod
fungsi:
Digunakan untuk menambah dan mengurangi ijin pemakai untuk mengakses file atau direktori. Anda dapat menggunakan sistem numeric codingatau sistem letter coding. Ada tiga jenis permission/perijinan yang dapat dirubah yaitu runtuk read,wuntuk writedan xuntuk execute.

Dengan menggunakan letter coding, Anda dapat merubah permissiondiatas untuk masing-masing u (user), g (group), o (other)dan a (all)dengan hanya memberi tanda plus (+)untuk menambah ijin dan tanda minus (-)untuk mencabut ijin.

Misalnya untuk memberikan ijin baca dan eksekusi file coba1 kepada ownerdan group, perintahnya adalah:

$ chmod ug+rx coba1


Untuk mencabut ijin-ijin tersebut:

$ chmod ug-rx coba1

Dengan menggunakan sitem numeric coding, permissionuntukuser, groupdan otherditentukan dengan menggunakan kombinasi angka-angka, 4, 2 dan 1 dimana 4 (read), 2 (write)dan 1 (execute).

Misalnya untuk memberikan ijin baca(4), tulis(2) dan eksekusi(1) file coba2 kepada owner, 
perintahnya adalah:

$ chmod 700 coba2

Contoh lain, untuk memberi ijin baca(4) dan tulis(2) file coba3 kepada user, baca(4) saja kepada group dan other, perintahnya adalah:

$ chmod 644 coba3

chown
 fungsi: Merubah user ID (owner) sebuah file atau direktori

$ chown <user id> <file>

clear
fungsi: digunakan untuk membersihkan seluruh layar terminal
 
cp
fungsi: digunakan untuk menyalin sebuah file
Contoh :

$ cp <file1> <file2>

date
fungsi: digunakan untuk menampilkan tanggal dan waktu

 
fg
fungsi : Mengembalikan suatu proses yang dihentikan sementar(suspend) agar berjalan kembali di foreground.
find
Fungsi : Untuk menemukan dimana letak sebuah file. Perintah ini akan mencari file sesuai dengan kriteria yang Anda tentukan. Sintaksnya adalah perintah itu sendiri diikuti dengan nama direktori awal pencarian, kemudian nama file (bisa menggunakan wildcard, metacharacters) dan terakhir menentukan bagaimana hasil pencarian itu akan ditampilkan. Misalnya akan dicari semua file yang berakhiran .doc di currentdirektori serta tampilkan hasilnya di layar:

$ find . -name *.doc -print . /public/docs/account.doc . /public/docs/balance.doc . /public/docs/statistik/prospek.doc ./public/docs/statistik/presconf.doc

 grep
Fungsi :Global regular expresion parseatau grep adalah perintah untuk mencari file-file yang mengandung teks dengan kriteria yang telah Anda tentukan.
$ grep <teks> <file>
Misalnya akan dicari file-file yang mengandung teks marginal di current direktori:
$ grep marginal <file> diferent.doc: 
Catatan: perkataan marginal luas dipergunakan di dalam ilmu ekonomi prob.rtf: oleh fungsi hasil marginal dan fungsi biaya marginal jika fungsi prob.rtf: jika biaya marginal dan hasil marginal diketahui maka biaya total

gzip
Fungsi Ini adalah software kompresi zip versi GNU, fungsinya untuk mengkompresi sebuah file. Sintaksnya sangat sederhana: Contoh 

$ gzip <namafile>
halt
fungsi: digunakan untuk mematikan sistem

 
history
fungsi: digunakan untuk melihat perintah apa saja yang telah digunakan

 
ifconfig
fungsi: digunakan untuk melihat informasi pada kartu jaringan, seperti IP address, Mac address, dan lain-lain.
 
ls
fungsi: digunakan untuk melihat isi dari suatu direktori
 
mkdir
fungsi: digunakan untuk membuat direktori baru.
 
mv
fungsi: untuk memindahkan file, bisa juga untuk merubah nama sebuah file.

 
nano
fungsi: digunakan untuk text editor
 
passwd
fungsi: digunakan untuk menggunakan password

 
pwd
fungsi: digunakan untuk menampilkan nama direktori dimana Anda sedang berada

 
reboot
fungsi: digunakan untuk menghidupkan ulang sistem/komputer
 
restart
fungsi: menjalankan ulang service yang sedang berjalan.


rm
fungsi: digunakan untuk menghapus file.

rmdir
fungsi: digunakan untuk menghapus direktori

shutdown
fungsi: sama seperti halt, digunakan untuk mematikan sistem

start
fungsi: digunakan untuk menjalankan sebuah service.

stop
fungsi: digunakan untuk menghentikan sebuah service yang sedang berjalan

sudo
fungsi: menjalankan perintah sebagai root

tar
fungsi: digunakan untuk mengekstrak file dengan format *tar.gz *.tgz

touch
fungsi: digunakan untuk membuat file baru dalam keadaan kosong.

unzip
fungsi: digunakan untuk mengekstrak atau mengurai file yang dikompress dalam bentuk *.zip

who
fungsi: digunakan untuk melihat siapa saja yang sedang login


Selanjutnya adalah Tahap Kedua, yaitu belajar dengan menggunakan media video. Saya memperoleh video ini dari Chanel Belajar Linux.

Berikut ini Beberapa video yang akan bermanfaat untuk teman teman guna menambah wawasan mengenai Tutorial Dasar-dasar Terminal Linux.

Serial Belajar Terminal Linux


Itulah beberapa Serial Video Tutorial Dasar-dasar Terminal Linux yang bisa di terapkan dan di pelajari buat kita semua yang baru saja mengadakan migrasi dari jendela ke linux. Semoga kita bisa betah dan tetap senang dengan menggunakan Linux yang merupakan OS yang gemar di gandrungi para pro-player :v

Sekian. Terima Kasih
Assalamu’aikum warrohmatullahi wabarrokatuh

Sumber dan Referensi Lain :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *