Contoh Abstrak Class di Java

Assalamu’alaikum

KuReview – Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing tutorial untuk penggunaan Abstrak Class di Java, ya bisa dibilang bahwa sebenarnya ini merupakan source code saya yang saya gunakan untuk menyelesaikan mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek di Semester 4 ini.

Sebelumnya, mari kita telisik lebih dalam mengenai apa itu Abstrak Class di Java. Mengutip dari KuKun Utama Blogs , Abstrack kelas merupakan kelas bagi penurunan kelas dengan melakukan extends sehingga tidak dapat diinstansiasi secara langsung menjadi object serta memiliki method kongkrit. dan atau method abstrack. Jika tidak mengimplementasikan semua method abstract maka subclass harus dideklarasikan sebagai abstract class.

Langsung saja sekarang kita akan menuju source codenya agar teman teman bisa pelajari dan implementasikan ke codingnya teman-teman

Jadi ceritanya saya ada tugas untuk membuat yang namanya sejenis sistem BPJS dimana memasukkan beberapa data dan meng-outputkan beberapa data. Berikut ini kelas -kelasnya.

Kelas Pasien :
ada deklarasi dari obatnya dan method diskon.


Kelas Penjualan Obat :
Kita akan memanggil kelas BPJS
Kita menuliskan inputannya disini sehingga nanti bisa muncul

Kelas NonBPJS :
Method untuk mendapatkan diskonya ada disini

Kelas BPJS :
extend dari kelas pasiennya.
ada overridenya juga

Oke, mungkin cukup itu saja beberapa codingan saya mengenai Abstrak Class di Java. Saya sebenarnya belum pernah implementasikan hal ini ke proyek saya di Aplikasi Java Dekstop saya. Jadi saya mohon maaf bila ada kurang lebihnya.

Jika ada pertanyaan atau kiritikan, silahkan untuk meninggalkan komentar anda
Terima kasih
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *