Artificial Intellegent : BFS dan Stack

Assalamu’alaikum,

Artificial Intellegent : BFS dan Stack

KuReview – Flashback ke materi sebelumnya, yaitu salah satu tugas yang diberikan kepada saya ketika Kelas Artificial Intellegent adalah mencari contoh aplikasi Artificial Intellegent (AI). Yah, salah satu mata kuliah yang bagi saya , sampai saat ini belum benar benar bisa memahami Artificial Intellegent dengan baik dan benar. Sebab , memang saya akui belajar AI memang memerlukan pemahaman yang kuat sekali mulai logika dari Algoritmanya hingga logika cara kerja / yang membedakan tiap Algoritma satu dengan yang lain.

Walaupun saya sudah diberikan PPT dan beberapa referensi terkait AI lainnya. Insya Allah di artikel lain akan saya bagikan beberapa materi terkait dengan kuliah saya.

Referensi dari Wikipedia (Walaupun tidak cocok untuk kalangan akademisi, namun tak masalah untuk blog bagi saya) . Artificial Intellegent adalah  didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

Nah, karena dosen saya meminta mencari contohnya, akhirnya saya mencari cari beberapa refensi dan baru menemukan referensi dari teman saya , si Iqbal. Hahaha Yang mana pada akhirnya , saya memutuskan untuk menggunakan Algoritma BFS dan Stack untuk saya implementasikan di Java.

Lalu, apa BFS dan Stack itu sendiri?

Breadth-first search adalah algoritma yang melakukan pencarian secara melebar yang mengunjungi simpul secara preorder yaitu mengunjungi suatu simpul kemudian mengunjungi semua simpul yang bertetangga dengan simpul tersebut terlebih dahulu. Selanjutnya, simpul yang belum dikunjungi dan bertetangga dengan simpulsimpul yang tadi dikunjungi , demikian seterusnya. Jika graf berbentuk pohon berakar, maka semua simpul pada aras d dikunjungi lebih dahulu sebelum simpul-simpul pad aras d+1. (Sumber)

sedangkan untuk Stack

Stack adalah sebuah kumpulan data dimana data yang diletakkan di atas data yang lain. Dengan demikian stack adalah struktur data yang menggunakan konsep LIFO. Dengan demikian, elemen terakhir yang disimpan dalam stack menjadi elemen pertama yang diambil. Dalam proses komputasi, untuk meletakkan sebuah elemen pada bagian atas dari stack, maka kita melakukan push. Dan untuk memindahkan dari tempat yang atas tersebut, kita melakukan pop. (Sumber)

untuk lebih bisa memahami pengertian BFS dan Stack, saya sarankan untuk membaca beberapa buku-buku tentang AI tersebut atau tanya ke Mbah Google. Karena pada artikel ini tidak berpusat pada pengertiannya.

Lalu, Contoh Aplikasinya :

Artificial Intellegent : BFS dan Stack

Artificial Intellegent : BFS dan Stack

Source Code Artificial Intellegent : BFS dan Stack  : 

Download Artificial Intellegent Here

Lalu darimana saya bisa mendapatkan Source Codenya ??
Ya dari teman saya itu. Hahaha
Tapi saya lupa, apa situsnya. kemungkinan besar ya Stackoverflow,sebagai marketplacenya para programmer muda hingga tua :v

Oke, itu aja yang bisa saya sharing pada kesempatan hari ini di artikel Artificial Intellegent : BFS dan Stack . Semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kita semua dan menambah wawasan teman teman. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Terima Kasih.

Best Regards,
Naufaldi Rafif S
Ubuntu 16.04

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *