Diigo Pengganti Weava di Firefox Quantum

Diigo Pengganti Weava di Firefox Quantum
Diigo

KuReview – Yes, saya sudah mulai migrasi dari Google Chrome ke Firefox Quantum. Sedikit demi sedikit, sudah banyak browsing saya di laptop ataupun di smartphone saya sudah memakai Firefox Quantum. Insya Allah kedepannya, saya memberikan review kelebihan Firefox Quantum daripada Chrome. Tapi artikel ini akan membahas mengenai salah satu extension yang cukup bermanfaat bagi mereka yang suka membaca untuk tugas, sekedar hobi. Yaitu extension untuk Highlight.

Weava adalah salah satu extension yang pertama kali saya tau ada extension untuk Highlight,organize dan kolaborasi. sesuai dengan di official situs Weava. Salah satu extension favorit saya karena saya sendiri kadang lupa untuk mengingat url atau kata-kata penting dalam membaca sebuah artikel / quote untuk keperluarn menulis tugas atau sekedar untuk pengetahuan.

Weava saya di Chrome

Sehingga memudahkan kita untuk istilahnya mem’bookmarked’ tulisan/ kalimat penting ,jadi ketika butuh pengertian atau kalimat penting ya tinggal di search aja di Weava dan kita bakal menemukan kalimat yang telah kita simpan.

Nah, weava inilah yang sebelumnya membuat saya sedikit kesulitan untuk berpindah dari Chrome menuju Firefox Quantum. Karena saya sudah sedkit tergantung dengan weava untuk me-Highlight beberapa kalimat penting ketika saya sedang membaca.

Namun, saya pun akhirnya menemukan salah satu pengganti Weava , yaitu Diigo.

Diigo
Your Learning, Simplified
Salah satu extension di Firefox Quantum yang memiliki manfaat yang sama dengan Weava dengan beragam fitur yang baru.Walaupun tidak seperti Weava yang bisa membuka langsung dihalaman itu juga. Tetapi memang lebih simple.

Stackoverflow

1. Memiliki Sidebar

Benar memiliki sidebar, tetapi memiliki fungsi yang berbeda dengan Weava. disini, diprioritaskan untuk menulis/ mencatat hal-hal penting. Diigo memberikan kita kemudahan utk mencatat mulai judul catatan, hingga di dlam catatan bisa menulis bnyak paragraf bahkan dengan bold

2. Library Diigo

Salah satu bentuk library dari Diigo yang saya sukai karena tampilannya yang sederhana dan mudah untuk dilihat dan dikendalikan. Karena ada menu searching mudahkan dalam pencarian, ada pengkategorian highlight yang telah kita lakukan. Bahkan bisa menyimpan buat “Read Later” sehingga seolah-olah kita akan menunda untuk membacanya. Saya belum begtu paham fitur read later yang dimiliki oleh Pocket juga.

3. Annotate PDF

Salah satu fitur untuk membaca PDF sehingga PDF tersebut bisa di edit, screenshoot, dishare ke teman-teman , diberikan komentar. Ibaratnya, firefox yang udah bisa text PDF di impove fitur-fiturnya sehingga sedemikian rupa. Memudahkan juga untuk kita berkolaborasi dengan teman-teman kita

4. Annotate Screenshot dan Artikel

Fitur saya yang saya rasa sudah ada di Screenshot dan artikel sehingga bisa digunakan. Yah, jadi saya tidak bisa berkomentar banyak karena tidak begitu mencoba fitur ini.

Jadi , kalau bisa mengcover Weave, utk keperluan Higligher sangat bersyukur sekali karena bisa digunakan. Bagusnya untuk artikel dan PDF bisa secara offline sehingga memudahkan kita ketika kita hanya membaca secara offline.

Mungkin Diigo Pengganti Weava di Firefox Quantum bener-bener bisa membuat kita move on dari Chrome ke Firefox Quantum dan memudahkan kita dalam mengingat ketika membaca ebook, artikel dst di Firefox Quantum. Sebab saya rasa ,saya sendiri mulai menyukai Firefox. Jadi udah mulai pindahkan perkasar, add ons ke firefox. Cari alternative dari chrome ke firefox.

Oh yaa, jangan lupa kunjungi artikel saya sebelumnya yaitu Jurnal-jurnal terkait dengan Scrum ya…

Terima Kasih
Naufaldi Rafif S
21 Desember 2018 / 08:51

Sumber Gambar :
https://flo.flinders.edu.au/pluginfile.php/1127887/mod_book/chapter/57944/diigoLOGO_transparent.png

2 thoughts on “Diigo Pengganti Weava di Firefox Quantum

  1. karena chrome makan banyak memori sih gan. Apalagi saya install bnyak banget extension. jadi kerasa berat sewaktu buka bnyak tab.
    Firefox jga saya coba cepat dlm mengantarkan browsing internet ditambah ada bebrapa fitur bawaan firefox yg saya sukai sprti screenshot yg udah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *