Daily Programmer : Top 10 Artikel di Medium Minggu Ke 2 Januari

 Daily Programmer : Top 10 Artikel di Medium Minggu Ke 2 Januari

KuReview – Sedekit agak aneh mungkin ketika aku menempatkan kata “Daily Programmer” pada judul artikel saya pada hari ini. Yah, tapi tidak masalah bukan kalau judulnya sedikit agak lebay. 

Kesempatan kali ini saya mau sedikit berbagai beberapa artikel yang saya temukan seputar programming tentu saja , yang enggak boleh kita lewatkan tentu saja. Walaupun kita lebih banyak menulis coding dari pada membaca artikel , bukan dokumentasi. Namun, tentu saja ada baiknya pula kita membaca-membaca sambil mengistirahatkan sejenak kepengatan kita mengenai rutinisan menulis pemrograman. 

Langsung saja, berikut saya beberkan beberapa artikel yang menurut saya sendiri tidak boleh dilewatkan dalam beberapa hari ini. Walaupun saya rasa , seharusnya saya menulisnya di akhir minggu atau kalau kita hitung minggu ini. Mungkin seharusnya tanggal 14 Januari 2018. haha

1. The unlikely history of the #100DaysOfCode Challenge, and why you should try it for 2018


Link : disni

Kalau kamu jebolan Free Code Camp atau masih belajar course di Free Code Camp, saya rasa nama Quincy Larson udah enggak asing ditelinga kita. Sebagai salah satu relawan di Free Code Camp beliau sangat aktif sekali dalam mengajar, dan menulis. Nah artikel beliau pada tulisannya menceritakan salah satu Challenge yang sedang boombing atau banyak diikuti oleh senior maupun junior development.  

Bahkan saya sendiri juga mengikuti Challenge ini dan bisa teman-teman liat di sini. Artikel ini menjelaskan Kenapa lebih baik mengikuti #100DaysOfCode ? Apa dampak yang bisa dihasilkan? Siapa dan bagaimana 
#100DaysOfCode bisa booming ? Artikelnya lebih mengarah ke ajakan, cerita dibaliknya dan kenapa kita harus mencobanya di tahun 2018.

2. Why I Left My $100,000+ Developer Job at Google


Karya : YK Sugishita
Link : disini

Mungkin artikel ini udah lumayan lama sekitar 3 Minggu yang lalu. Tapi bagi saya artikel ini lumayan ‘menohok’. Menceritakan seorang Developer Google, yaitu si penulis itu sendiri yang memilih untuk keluar dari Google dan memulai karyanya sendiri menjadi seorang youtuber tapi dalam temanya yang tak jauh dari pekerjaannya dahulu yaitu programming. 

Nah, alasan yang dia lakukan karena dia keluar dari Google dan memilih untuk mengembangkan Channel youtubenya karena

I’m making a lot less money now, but it’s just amazing to be able to directly see the impact that I’m making on people’s lives. – YK Sugishita
Channel Youtube bisa kalian cek disini ya!

3.  The Role of the Founder/CEO: You Have One Job


Karya : Jeff Seibert
Link : disini

Jangan salah, artikel ini ada kaitannya dengan programming terutama di zaman yang serba kompleks ini. Nah , artikel ini cocok yang bekerja sebagai software developer sekaligus Founder. Berkisahkan gimana penulis bisa merintis karirnya dan memposisikan diri ketika menjadi founder serta CEO itu seperti apa. Tentu saja artikel ini menjawab pertanyaan kita. Sebagai orang yang background di IT dan Founder. Apa yang harus kita lakukan? Kejawab disini!

4.  Catatan Aktivitas Programming 2017 dan Apa yang akan Dipelajari di Tahun 2018


Link :  disini

Nah, ini saya satu temen facebook saya sekaligus seorang programmer android tapi juga belajar website. Mas Rian ini termasuk aktif di facebook tapi juga aktif coding sertiap harinya. Artikelnya membahas gimana perjalanannya selama 2017 dan apa yang akan dilakukan di tahun 2018. Bisa dibilang , artikelnya bisa memberikan kita beberapa insight bahwa kita perlu merencanakan apa yang akan dipelajari dan insight apa yang sebaiknya kita pelajari. 
Github Mas Rian bisa dilihat disini.

5. So you’re a new Software Engineer. Let’s face some facts and debunk some myths

Karya : Trey Huffine
Link :  disini

Artikel ini membahas fakta-fakta mengenai software engineer dan mitos-mitos yang menyertainya. Saya rasa artikel ini cocok untuk para developer muda yang masih segar, dan suci belum tersentuh sama dunia industri. Karena dengan ini, akan memudahkan kita untuk mengetahui mana fakta dan mitos di dunia IT apalagi di Industri seperti apa.

6. Lessons from 7 self-taught coders who now work full time as software developers


Karya : Jessica Oei
Link : disini

Oke, ini sedikit agak lucu memang. Kenapa? Ya aku merekomendasikan artikel, yang mana artikel itu merekomendasikan lagi 7 cerita orang biasa non CS Degree yang memulai karir non IT menjadi software developer full time. Haha. But seriusly ini merupakan artikel yang bisa memotivasi kita bahwa di luar sana, orang rela yang non IT menjadi orang IT sedangkan kita lulusan CS Degree? Malah merasa berat kuliah di CS Degree. Kan aneh!

7. Want to learn CSS Grid? Here’s my free full-length course. Merry Christmas!


Karya : Per Harald Borgen
Link :  disini

Kalau ini lebih ke arah tutorial sih. Apalagi bagi kamu yang saat ini baru tau CSS Grid. Kalau saya sendiri saat ini masih fokus dan mendalami lebih jauh mengenai Flexbox. Nah artikel ini akan menjelaskan sedikit mengenai tutorial yang dibuat penulis yaitu Course mengenai CSS Grid.

8. The 10 Best Coding Challenge Websites for 2018

Karya : Daniel Borowski
Link : disini

Suka tantangan? Suka Hidup seperti Lary? Saya rasa kamu perlu baca artikel ini. Kalau familiar dengan HackerRank, maka kamu cocok baut ngebaca artikel ini dan sedikit meluangkan waktu untuk kembali membaca mengenai Top Site For Coding Challenge. Kalau aku sih belum minat dahulu. Lol


9. How I Coded Everyday for 365 Days

Karya : Emily Yu
Link : disini

Oke, hampir sama dengan Mas Rian, tapi ini dari luar negeri. Cerita gimana bisa coding 365 hari nonstop walaupun weekend dan terus commit ke Git. Yes, may be we can code every day. But how about commit everyday? haha. Apalagi ketika namanya weekend datang. Bawannya pengen tidur atau cuman baca buku dan artikel saja. Namanya istiqomah emang berat! Tapi enggak mustahil.

10.  Climbing The Code Quality Ladder

Karya : Yunkai Zhou
Link : disini
Tahu enggak apa itu “high quality code” ? Kalau kamu udah tahu, skip artikel ini. Tapi kalau kamu belum tahu saya sarankan cermati dan baca artikel ini baik-baik. Nanti bakal dibahas secara tuntas code  yang efektif,yang bener,yang mudah dipahami dst. 
Oke, itu sudah  Top 10 Artikel Medium Minggu Ke 2 Januari . Semoga Minggu depan saya bisa berbagi lagi Top 10 Artikel di Medium. Jangan lupa terus membaca dan practice  ya! Oh ya, abis dibaca dan dipraktis, cobalah sekali kali menulis mengenai programming karena masih sedikit kawan kawan, referensi programming dalam bahasa indonesia. Padahal orang-orang kita hebat2 looo..

Wah, bisa jadi salah satu konten nih tentang Top 10 Blogger Software Developer Bahasa Indonesia. Nice Shoot!

Sampai Jumpa di lain kesempatan ya, jangan lupa baca juga artikel saya sebelumnya mengenai Challenge 100 Days of Code, Its About Istiqomah



Sumber Gambar :
https://medium.com/swlh/best-10-programming-languages-to-learn-in-2018-2d6cbc5ffc2a
Sumber Referensi :
https://medium.com

Malang, 18:37 
10 Januari 2018
Naufaldi Rafif S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *