Pencapaian dan Kegagalan di Bulan Maret


KuReview – Tak terasa saat ini sudah memasuki bulan april. Waktu silih berganti. Jam, hari dan bulan telah berganti. Begitu pula kehidupan ini yang terus berjalan. Pada postingan kali ini, saya membuat sebuah reminder untuk diri saya sendiri setelah beberapa bulan dan hari belakangan ini mendapatkan ‘hidayah’ dengan diketuk pintu hati saya oleh teman sekamar saya. Dia berkata bahwa selama sebulan ini, bulan maret saya tidak begitu produktif dalam menjalankan tugas sebagai mahasiswa dan juga programmer.
Saya sendiri pun sebenarnya juga merasa sebulan ini tingkat intensitas coding dan mengerjakan skripsi menurun daripada bulan lalu. Serasa kualitas diri saya untuk coding dan skripsi menurun. Malah waktu untuk bermain game semakin tinggi. Terutama game Europa Universalis IV yan gmembuat aku tergila gila untuk bermain. Sebuah hambatan yang begitu besar.
Tujuan saya membuat list untuk pengingat bagi diri saya sendiri bahwa lawan sebenarnya bukanlah kawan atau orang lain. Tapi waktu yang sekali kita lengah akan membantai kita. Sekali kita tak sadarkan diri, kita akan terlena kenikmatan sesaat.

Pencapaian Selama Bulan Maret 

  1. Mempelajari API, Fetch dan AJAX adalah salah satu hasil saya mengikuti kursus di udemy untuk bisa menjadi seorang Front End development
  2. Membuat Akun Twitter dan Instagram untuk Sherly. Kucing kesayangan saya dan kawan saya. cantik tapi sayangnya sudah tua. umur sudah lebih dari 3 tahun. single parent tapi telah ditinggal sama anaknya. Apa artinya Sherly adalah seorang janda? bisa di follow twitter dan instagram Sherly.
  3. Selesaikan salah satu proyek. Setelah sekian lama penantian, akhirnya selesai juga proyek yang dulu saya kerjakan
  4. Menulis artikel di Blog KuReview. Tentu saja merupakan sebuah keberhasilan. Berapa pun yang membaca , bagi saya tak masalaha selama ada yang bisa diambil dari yang baik dari saya.
  5. Pergantian kepengurusan UINBuntu. Akhirnya, waktu untuk pergantian kepengurusan UINBuntu setelah sempat saya mencari-cari anggota yang ‘pantas’ untuk mengganti Ketua UINBuntu Tahun ini. Saya bisa meletakkan kepengurusan UINBuntu kepada angkatan 2016.

Kegagalan Selama Bulan Maret

  1. 100 Days Of Code, tidak bisa melakukannya setiap hari. Ada kalanya saya selalu melakukan aktifas coding setiap hari, namun tiba-tiba saya jadi tidak semangat dalam coding dan kena gangguan untuk bermain game atau sekedar untuk “scroliing” timeline di twitter. Banyak sekali gangguan terutama dari diri saya sendiri
  2. One Week, One Book juga tidak bisa saya selesaikan. Bahkan bisa dibilang di bulan ini saya belum menyelesaikan satu buku pun
  3. Tidak ada buku yang selesai saya baca. Buku Biografi Jack Ma , pendiri Ali Baba pun saya masih belum menyelesaikannya. Entah karena buku tersebut terjemahan atau isinya tak sesuai dengan yang saya harapkan.
  4. Seminggu sekali posting di Blog atau Medium. 
  5. Menjadwal kegiatan lebih rinci tidak berhasil saya lakukan. Jujur saja, saya sendiri amsih kesulitan untuk membuat Habits yang baik di dalam diri saya sendiri seperti membuat to do list, membaca email, medium lalu coding. Malamnya review hari itu. Nyantanya kegiatan seperti ini masih belum bisa saya lakukan.
Harapannya menginjak bulan april adalah saya memperbanyak pencapaian yang ada pada diri saya sendiri dengan begitu, saya menjadi orang yang benar benar menerapkan bahwa hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini.
Malang, 01 April 2018
Naufaldi Rafi S
Seorang yang bermimpi untuk lulus 4 tahun, menjadi Programmer dan S2 di Luar Negeri.

“Kalau hidup sekedar hidup, kambing pun juga hidup” – Anon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *