Review F8 Meetup Malang : Kemeriahan Para Pengembang Malang

Review F8 Meetup Malang : Kemeriahan Pengembang Malang
www.f8.com


KuReview – Benar, tanggal 2 Mei waktu Amerika Serikat diadakannya acara F8 Facebook. Namun, untuk komunitas lokal di beberapa daerah, salah satunya di Kota Malang , Jawa Timur mengadakan F8 Meetup Malang pada tanggal 12 Mei 2018. Alhamdulillah, banyak sekali antusias anggota Facebook Dev Circle Malang untuk bisa  mengikuti  F8 Meetup Malang. Namun, mungkin karena terbatasnya tempat, tidak semua anggota bisa masuk / mengikuti acara  F8 Meetup Malang. 
Bersyukur alhamdulillah juga, saya bisa masuk kedalam peserta untuk mengikuti  F8 Meetup Malang setelah diseleksi oleh Facebook Dev Circle Crew, kira-kira ada 50an peserta lebih yang mengikuti acara tersebut. Berdasarkan jadwalnya ,acara  F8 Meetup Malang diadakan tanggal 12 Mei 2018, jam 18.00 – 21.00 di Dilo Malang. 

F8

Saya datang ke acara tersebut sekitar pukul 18.10an lebih. Sebelumnya, kita absen terlebih dahulu dengan menggunakan website splashthat yang hampir selalu digunakan oleh Facebook Dev Circle Malang untuk acara-acara besar. Bersyukur juga peserta mendapatkan 3 buah snack dan juga minuman untuk menemani disaat menonton F8 Facebook.


Sayangnya, saya mendapatkan bangku penonton nomor 4 dari depan, sehingga saya tidak terlalu bisa melihat ke layar karena penonton di depan saya lumayan tinggi juga. (haha). Oh ya, selain mendapatkan snack. Saya juga mendapatkan stiker dan kartu  F8 Meetup Malang. Isinya untuk upload kegiatan Meetup F8 , ya karena saya memang suka menulis. Tak ragu-ragu saya menuliskan kesan saya ketika mengikutinya di grup Facebook Dev Circle Malang seperti ini :

Acara pertama dibuka oleh MC , yaitu Mas Oim dilanjutkan dengan memutar video Mark memberikan beberapa fitur baru yang akan ada di Facebook. Untuk fitur apa saja yang akan ada di Facebook, akan saya buatkan postingan sendiri. Nah, karena sebenarnya F8 terjadi selama 2 hari, sehingga tidak semua video diperlihatkan.
Untungnya, salah satu panita yaitu Agasha memberikan summary mengenai apa saja fitur yang akan hadir di Facebook serta beberapa tindakan facebook terkait perangkat lunak yang dijadikan sumber terbuka. Setelah pembacaan summary. 

Local Keynote

Acara dilanjutkan dengan speaker lokal dari Indonesia. Yaitu dari Startup Kumparan. Ada 3 Speaker yang akan berbicara pada kesempatan ini yaitu :

  1.  Andhika Ventausa
  2.  Doni Rubiagatra
  3.  Ferdi Ferdian
Jujur saja, dari tiga narasumber yang berbicara. Saya benar-benar bisa memahami sedikit perbincangan pada penggunaan Component React. Pun saya juga lupa menuliskan / merangkum apa apa yang disampaikan narasumber ketika berbica sehingga hanya sedikit yang bisa saya ingat pada acara tersebut mengenai apa yang disampaikan. 
Setelah semua Keynote menyampaikan materi. Barulah diadakannya tanya jawab. Hasilnya, ada banyak sekali pertanyaan yang ingin dketahui dari para peserta. Namun, karena terbatasnya waktu. Hanya sedikit pertanyaan yang bisa dijawab. Tentu , tak lupa saya sendiri ikut bertanya mengenai metode apa yang dipakai Kumparan untuk menajemen perangkat lunaknya. Ternyata, mereka menggunakan metode agile. Sedangkan untuk memperbaiki bug atau error pada perangkat lunak menggunakan metode kanban. 
Oh ya , beberapa penanya juga mendapatkan merchandise yaitu kaos kumparan. Sayangnya, saya pun tidak mendapatkan hadiah tersebut. 

Review F8 Meetup Malang : Kemeriahan Para Pengembang Malang

Review F8 Meetup Malang : Kemeriahan Para Pengembang Malang

Terakhir, menginjak dipenghujung acara, yaitu Networking dimana para peserta bisa berbincang bincang dengan teman-teman yang lain seperti narasumber dari Kumparan atau sekedar bertanya kepada anggota Facebook Dev Circle Malang yang rata-rata dari berbagai background seperti mahasiswa,dan programmer dari software house hingga startup besar. Bukan hanya itu, peserta acara juga diundi untuk mendapatkan kaos F8 secara eklusif dari Facebook secara langsung. Sekali lagi, saya pun tidak mendapatkannya.
Menariknya, pada  F8 Meetup Malang ini. Peserta bisa mencoba menggunakan Oculus dari Facebook , dibawa oleh salah seorang Lead Facebook Dev Circle Malang. Sampai sampai saya sendiri ingin mencobanya namun harus antri untuk bisa melakukannya. Karena hari pun semakin malam, saya pun menyerah untuk antri mencobanya karena jam sudah menunjukkan pukul 21.00.
Review F8 Meetup Malang : Kemeriahan Para Pengembang MalangReview F8 Meetup Malang : Kemeriahan Para Pengembang Malang

Kesimpulan 

  1. Acara yang cukup meriah dalam menyaksikan F8 Facebook terutama menyaksikan Mark menyumumkan apa saja yang akan dilakukan kedepannya Bahkan yang menarik adalah  ketika panitia membuatkan summary mengenai acara tersebut sehingga kita tak perlu waktu lama untuk mengetahui apa saja yang akan hadir di Facebook kedepannya.
  2. Jangan lupakan Sticker! Karena seolah menjadi identitas developer. Acaranya ini memberikan saya banyak sekali sticker secara gratis yang mana sticker tersebut hadir secara official!
  3. Merchandise yang didapat peserta juga lumayan banyak. Ada peserta yang mendapatkan lisensi Jetbrain, dan juga Kaos.
Menghadiri acara F8 Meetup Malang kemarin tidak sia-sia. Saya mendapatkan beberapa sticker, tegur sapa dengan kawan-kawan pengembang yang lain , info mengenai teknologi Facebook kedepannya serta pengetahuan baru dari lokal speaker  Kumparan yang ikut memeriahkan F8 Meetup Malang kemarin. 
Jika teman-teman belum bergabung dengan Facebook Dev Circle Malang, bisa saya sarankan untuk Join di grup Facebook :
Namun, jika teman-teman berasal dari kota lain, bisa join di kota-kota yang telah memiliki grup official Facebook Dev Circle tersebut. Akhir kata , terima kasih dan sampai jumpa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *