Review Meetup PHP Malang User Group Juli 2018

Pamflet Meetup Juli 2018



KuReview – Kemarin malam telah sukses diadakannya  Meetup PHP Malang User Group Juli 2018 dengan acara start jam 18.30 sampai 20.30. Alhamdulillah, ada banyak sekali peserta yang datang. Kurang lebih, ada sekitar 36 orang yang datang dalam meetup kali ini. Walaupun, jumlah ini terbilang kecil mengingat peserta yang datang biasanya mencapai 50 orang. Tapi jumlah ini termasuk besar mengingat sekarang di bulan Juli, tidak begitu banyak kampus yang sudah masuk perkuliahan akademik. Jika kalau sudah memasuki waktu perkuliahan aktif, adakalanya meetup bisa dihadiri lebih dari 50 orang. Sangat ramai sekali.

Kebanyakan yang datang memang dari kalangan mahasiswa. Selalu begitu. Tentu saja ini membuktikan kalangan mahasiswa sendiri, banyak yang haus akan ilmu pengetahuan baru yang tidak diajarkan di kampus. Walaupun memang banyak yang tidak begitu memahami materi secara menyeluruh dan tetap hadir untuk bisa mendengarkan materi yang disampaikan. Yah, karena saya sendiri juga ketika awal awal semester sellau mengikuti meetup yang diadakan komunitas di Malang seperti Malang JS, MCC, PHP Malang, Facebook Dev, STATION dll.

Balik lagi di  Meetup PHP Malang User Group Juli 2018, narasumber kita kali ini adalah Fahmi Idris (DOT) dan Reyhan Sofian H. (Kata.ai) yang akan memberikan wejangannya mengenai pengetahuan yang dimiliki. Mas Fahmi berkesempatan untuk menjadi narasumber mengenai pengenalan GraphQL. Pembawa acara meetup kali ini adalah kawan saya, Abdullah Amin Firdaus atau yang biasa dikenal dengan Aaf.


Pengenalan GraphQL

Mas Fahmi membawakan Materi GraphQL

Materi pertama adalah mengenai GraphQL. Langsung dijelaskan oleh Mas Fahmi, beliau sendiri merupakan salah satu pengembang di DOT(Distinction On Technology) yang beralamat di Jakarta dan Malang. Setahu saya, di Malang untuk para pengembangnya sedangkan Jakarta untuk area bisnis DOT. Mas Fahmi sendiri merupakan pengembang yang fokus pada salah satu teknologi Front End yaitu React. Beliau sendiri mengakui baru pertama kali ini hadir untuk menjadi narasumber dalam acara Meetup Komunitas Pengembang di Malang. Saya pun takjub dengan apa yang disampaikan Mas Fahmi, walaupun pertama kali menjadi narasumber namun penjelasan dari presentasi Mas Fahmi yang tidak mbulet membuat saya sedikit banyak bisa mengenal lebih mengenai GraphQL.

Ada beberapa poin penting mengenai dalam presentasi Mas Fahmi. Saya sendiri, tak begitu banyak bisa mencatat mengenai rangkuman dari Pengenalan GraphQL. Namun poin poin tersebut adalah sebagai berikut :

  • GraphQL itu, memberikan kebutuhan kita sesuai dengan apa yang kita berikan
  • Beberapa perbedaan GraphQL dan REST API
  • How GraphQL Work?
  • Pros and Cons
  • Query in GraphQL
Jika kawan kawan penasaran dengan presentasi Mas Fahmi, bisa di download dibawah ini :

Presentasi Pengenalan GraphQL Fahmi Idris (Belum tersedia)


End to End Test with TestCafe

Mas Reyhan membawakan materi Testing

Materi kedua selanjutnya mengenai testing. Langsung dijelaskan oleh Mas Reyhan, yang merupakan salah satu pengembang senior  di Kata.ai yang beralamat di Jakarta. Walaupun beralamat di Jakarta, saya banyak sekali menemukan banyak pengembang yang melakukan aktifitas kerja remote dari Malang seperti Mas Reyhan (Dengar-dengar Kata.ai juga akan membuat kantor di Malang). Saya sendiri kurang begitu tahu mengenai tugas Mas Reyhan. Namun, Mas Reyhan salah seorang pengembang yang sangat aktif di Komunitas Malang. Bukan hanya di PHP Malang User Group namun juga di Facebook Dev Circle Malang. Bahkan beliau sendiri adalah Lead dari FB Dev Circle Malang.

Beberapa poin dalam pembahasan tersebut adalah sebagai berikut :
  • Why we need software testing ?
  • Pengertian TDD
  • Pyramid of Testing By Martin Fowler
  • Unit Test
  • Integration Test
  • End to End Test
  • White Box
  • Black Box 
  • What is Test Cafe
  • Why Test Cafe

Banyak hal yang tidak sepenuhnya saya pahami pada presentasi Mas Reyhan karena saya sendiri masih belum begitu memahami mengenai TestCafe. Sehingga ,hanya sedikit yang bisa saya serap mengenai presentasi Mas Reyhan. Namun, karena sering menjadi narasumber. Penyampaian Mas Reyhan bisa dengan mudah dipahami.

Untuk slide presentasi Mas Reyhan bisa kawan-kawan download dibawah ini :

Presentasi End to End Test with TestCafe oleh Reyhan Sofian H. (tautan belum tersedia)

Oh ya, selain ada Materi. Ketika Meetup berlangsung. Kawan-kawan akan mendapatkan Free Sticker JetBrain, Lisensi JetBrain selama 1 Tahun, 2 Orang beruntung akan mendapatkan Kaos PHP Malang dan tentu saja ada makanan dan minuman ketika Meetup. Jadi buat kamu mahasiswa, lumayan bukan untuk mendapatkan banyak benefit ketika mengikut Meetup ? :))

Jika kawan-kawan ingin mengikuti  Meetup PHP Malang User Group  bulan depan, bisa melihat di halaman Dilo Malang atau bergabung dengan grup Facebook  PHP Malang User Group. Karena, setiap bulannya akan diadakan meetup. Selalu diadakan dan biasanya bertempat di Dilo Malang. Berkumpulnya komunitas di Malang menjadikan sebuah indikasi bahwa Malang bisa menjadi sebuah kota melebihi Silicon Valley di Amerika atau melebihi MSC di Malasyia.

Para Peserta Meetup PHP Malang User Group

Meetup ini diadakan pada 23 Juli 2018. Esoknya, 24 Juli diadakan Mettup komunitas INDUX.ID . Sayangnya, saya tidak ikut dalam meetup tersebut karena terkendala tidak ada kawan(sendirian) dan tidak ada kendaraan. Walaupun ada angkutan dan gojek. Tapi lebih enak jika bersama kawan. Tidak sendirian. haha

Oke, sampai jumpa lagi pada Review dan artikel lain di KuReview. Jangan lupa untuk selalu datang dalam Meetup yang diadakan oleh komunitas di Malang. Terima Kasih telah membaca Review Meetup PHP Malang User Group Juli 2018 dan jika tertarik silahkan membaca artikel saya yang lain seperti Design Foundation with Mat Helme dan Perbedaan antara MacOS dan Kernel Linux

Manusai dibalik suksesnya acara Meetup PHP Malang User Group 2018

Breaking NewsPersiapan Meetup Agustus PHP Malang : Framework WAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *