Aplikasi Android untuk Meningkatkan Produktivitas

`

KuReview – Smartphone sekarang sudah dibekali dengan banyak sekali perangkat lunak yang bisa dibilang memiliki media penyimpanan tinggi dan juga RAM yang cukup tinggi. Kalau tidak salah, sudah banyak sekali gawai Android menggunakan RAM 3 GB dan Media penyimpanan 16GB. Itu biasanya yang standard. Sedangkan kalau flagship berkisar antara 32 – 64GB. Sedangkan RAM berkisar 4 – 6 GB.

Nah, sayangnya. Berkembangnya gawai sekarang tidak diimbangi dengan menggunakan gawai untuk keperluan positf. Misalkan untuk produktivitas atau untuk menginstall aplikasi yang bisa mengembangkan cara kita berpikir atau mengembangkan cara kita untuk bisa meningkatkan pengetahuan kita. Sebab itu, saya mencoba merangkum beberapa Aplikasi Android untuk Meningkatkan Produktivitas yang bisa digunakan oleh pelajar maupun mahasiswa. Bahkan para pekerja saya rasa akan cocok untuk menggunakan aplikasi ini. Mengingat aplikasi ini , merupakan aplikasi yang umum dipakai dan saya yakin bisa meningkatkan produktivitas kawan – kawan. Nah, ini merupakan Aplikasi Android untuk Meningkatkan Produktivitas :

1. Any to do list

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini untuk mencatat semua keperluan kita atau apa saja yang akan kita lakukan pada hari ini, esok maupun yang akan datang. Kelebihannya daripada yang lain karena tampilannya yang minimalist, mudah digunakan, bisa mengkategorikan beberapa pekerjaan, memiliki reminder sehingga setiap pagi, aplikasi ini akan muncul layaknya alarm untuk mengingatkan kita.

Saya sendiri menggunakan aplikasi ini untuk mencatat semua pekerjaan yang akan saya lakukan. Baiknya juga, aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk website sehingga dilaptop atau di android kita bisa menggunakannya. Yuk, dicoba!

2 Calendar

Salah satu produk dari Google yang sangat saya sukai! Yaitu Calendar yang berfungsi untuk mencatat semua agenda yang akan kita lakukan pada hari ini. Berbeda dengan any to do list, Calendar befokus kepada agenda kehidupan kita. Mulai dari jam 00.00 – 23.00. Kita bisa membuat agenda kita atau rutinitas kita. Misalkan kita bisa mensetting kegiatan kita dari untuk lari setiap hari jumat dari jam 15.00-17.00 , setiap minggunya. Calendar, bahkan bisa memilihkan waktu yang tepat untuk kita. Yaitu dengan memberikan Goal terhadap kegiatan apa yang akan kita lakukan. Entah kegiatan untuk menambahkan skill, kegiatan untuk meditasi atau kegiatan lainnya. Intinya, fokus dari Calendar adalah untuk mengatur agenda kita setiap hari.

3.Forest

Merasa dirimu sering melihat gawai ketika sedang berkonsentrasi? Merasa dirimu sering sekali melihat gawai dan ingin menyentuhnya karena ada notifikasi masuk? Jika iya, ada baiknya selain mensenyapkan gawai dengan fitur silent  ada baiknya untuk install Forest. Sebuah aplikasi Android yang akan membuat kita harus konsentrasi pada pekerjaan kita. Karena , aplikasi ini menuntut pengguna untuk setting berapa lama mereka tidak akan menggunakan gawainya. Mulai dari 30 Menit sampai 3 jam! Sehingga aplikasi ini akan running dan seolah olah ketika kita berhasil melewati waktu yang telah kita atur, kita akan mendapatkan penghargaan atau reward berupa tanaman kita yang tumbuh dan berkembang. Seru bukan?

4. Google Keep

Salah satu lagi produk Google, yaitu Google Keep. Sebuah note yang memiliki tampilan simple, berwarna dan guna ada fitur Pinned Note. Sehingga akan memudahkan kita untuk mengatur note mana yang menjadi prioritas. Note disni menggunakan akun Google sehingga bisa disinkronisasi dengan perangkat apapun. Entah smartphone atau Laptop. Kelebihannya dari perangkat lain selain sisi tampilan, ada fitur warna untuk note, bisa mencatat berupa tulisan, gambar maupun dengan menggunakan stylus. Cocok untuk pelajar atau mahasiswa sehingga tidak perlu membawa buku catatan kecil. Sekaligus menghemat penggunaan kertas bukan?

5. Google Play Books

Suka baca ebook? Suka menggunakan handphone atau laptop untuk membaca ebook? Saya sarankan untuk install Google Play Book, dimana kita bisa upload buku di Google Play Books dan menggunakan buku tersebut dimanapun dan kapanpun. Sehingga tidak perlu khawatir ganti perangkat manapun. Selain bagus agar kita tidak kesulitan ketika berganti perangkat, Google Play Books juga memudahkan antar muka yang simple dan disesuaikan dengan lebar layar.

6. Quizlet

Jika kamu ingin belajar bahasa inggris dengan menggunakan waktu luang. Jika kamu ingin belajar lebih interaktif, menggunakan gawaimu untuk belajar bahasa inggris dengan Vocab atau Grammar. Maka saya merekomendasikan menggunakan Quizlet sebagai salah satu aplikasi yang patut dicoba. Apalagi buat mahasiswa dan pelajar yang ingin improve bahasa inggris untuk persiapan kuliah, TOEFL dan lain lain.

 

7. Duolingo

Sama dengan Quzlet, namun Duolingo tidak terbatas pada bahasa inggris. Banyak bahasa yang bisa kita pelajari dengan menggunakan Duolingo. Bisa dengan bahasa jepang, korea atau mandarin. Tidak hanya mempelajari Vocab dan Grammar, tetapi juga akan diajarkan Listening dan cara pengucapan kata atau kalimat tersebut. Duolingo bisa menjadi langkah awal ketika kita ingin mempelajari sebuah bahasa. Walaupun saya sendiri tidak menggunakan Duolingo tetapi menggunakan Quizlet.

8. Elevate

Bosan dengan belajar ? Adakalanya kita merasa bosan dan boring dengan belajar dan perlu waktu untuk istirahat dan adakalanya kita ingin main game bukan? Nah, gunakan elevate ini. Sebuah aplikasi game yang bisa mengasah otak kita untuk lebih berkembang dengan permainannya yang bisa dibilang membuat kita senang disisi lain juga membuat kita menjadi lebih cerdas dengan mengasah otak di game game seperti Elevate.

Elevate menyajikan game untuk melatih ingatan, perhitungan,konsentrasi,ingatan dan lain sebagainya. Bahkan dinobatkan sebagai salah satu aplikasi terbaik oleh App Store.

9. Notebloc

Malas mencatat dibuku catatan? Lebih suka memfoto ? Maka saya menyarankan menggunakan Notebloc. Aplikasi ini bisa memproses foto foto kertas atau buku menjadi lebih mudah dibaca. Dengan menggunakan teknologi image processing, aplikasi ini berusaha membuat hasil foto kita menjadi mudah untuk digunakan. Sehingga, hasil jepretan kita bisa menjadi lebih mudah dibaca dengan tulisan tulisan bolpoin menjadi lebih jelas buat dibaca.

 

Itulah  daftar / kumpulan Aplikasi Android untuk Meningkatkan Produktivitas yang bisa kita manfaatkan untuk menambah dan meningkatkan produktivitas kita, dengan begitu kita akan meningkatkan kemampuan kita dalam hal manajemen waktu, kemampuan berpikir, efektivitas dalam kegiatan kita untuk berkembangnya kita ke arah yang lebih baik. Terima Kasih

Tagged , , , ,

1 thought on “Aplikasi Android untuk Meningkatkan Produktivitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *