Meetup PHP Malang Agustus : Bukti Malang Siap Menumbuhkan Programmer Berbakat

KuReview – Sudah melihat artikel saya sebelumnya ? Mengenai Persiapan Meetup Agustus PHP Malang : Framework War ? Nah, akhirnya tadi malam acara sukses diadakan dengan peserta yang saya rasa cukup banyak sekali. Setidaknya ada 100 orang yang terdiri dari Pelajar , Mahasiswa , Praktisi , Dosen yang ikut memeriahkan acara Meetup PHP Malang : Framework War di Bulan Agustus bertempat di Dilo Malang. Saya menduga, ada banyaknya praktisi dan civitas akademik yang hadir karena memahami betapa pentingnya materi / pembahasan Meetup PHP Malang : Framework War ini. Apalagi ternyata, meetup kali ini membahas mengenai Codeigniter, Laravel dan Symfony , ditambah pula salah satu pemateri adalah sesepuh dari PHP Malang User Grup yaitu Mas Prasetyo Wicaksono di Symfony Facetion. Faction Codeigniter ada Mas Gerry Permana dan Faction Laravel ada Mas Ahmad Fatoni.

Pembukaan

Open Gate dimulai sekitar pukul 18.30. Peserta mulai berdatangan dari berbagai usia, universitas, sekolah dan ada yang sudah bekerja. Namun, kebanyakan berasal dari mahasiswa dan pelajar. Setidaknya, berdasarkan data panitia, ada 100 peserta yang check-in pada Meetup PHP Malang : Framework War. Event ini menggunakan eventbrite untuk mengkoordinasikan pendaftaran peserta dan check-in. Sehingga bisa meminimalisir penggunaan kertas dan juga mempermudah dalam check-in peserta yang datang.

Panitia sedikit kewalahan, karena pendaftar cukup banyak dan jumlah panitia sendiri untuk daftar ulang hanyalah dua orang saja. Namun, hal ini tidak membuat antusiasme teman-teman yang hadir dalam acara tersebut untuk surut.

MC Meetup PHP Malang : Framework War kemarin adalah Mas Nuzulul Huda. Membawakan acara dengan gembira dan easy going membuat suasanya tidak begitu serius. Terkesan santai dan bisa membuat peserta tidak mengantuk. Acara pertama adalah presentasi dari Mas Fatoni mengenai Faction Laravel

Presentasi

Pada pembahasan pertama mengenai Laravel oleh mas Fatoni membicarakan mengenai sejarah Laravel, dokumentasi, dan bagaimana Pros dan Cons menggunakan Laravel untuk mengerjakan proyek-proyek.Pembahasan kedua oleh Mas Gery membicarakan mengenai sejarah Codeigniter yang open source, bagaimana cara membaca dokumentasi dan belajar untuk Codeigniter dan dilanjutkan dengan Pros dan Cons menggunakan Codeigniter. Terkakhir dari Facetion Sympony, Mas Pras menceritakan sejarahnya, memberikan sedikit pemahaman mengenai Symfony dan dilanjutkan dengan Pros dan Cons. Bahkan ada demo juga mengenai Symfony dari Mas Pras.

Diskusi

Tentu saja, ini bagian yang paling seru dalam acara kemarin. Ketika para narasumber sudah menceritakan mengenai setiap framework masing-masing beserta kelebihan dan kekurangannya. Nah, pada bagian inilah, para peserta akan mulai menanyakan mengenai masing-masing framework. Pertanyaan yang tiba pun beragam. Ada yang bertanya dari hal “framework apa yang cocok buat pemula” hingga pertanyaan yang tingkat tinggi seperti alasan dibalik pemilihan Symfony bila ingin membuat aplikasi dengan maintenance cukup lama.

Diskusi berjalan dengan lancar dan antusiasme dari para peserta Meetup PHP Malang : Framework War cukup tinggi mengingat tanya jawab antara para pemateri dan peserta berlangsung lebih dari 1 jam 30 menit. Pertanyaan diajukan melalui Facebook PHP User Group atau secara lansung peserta bertanya kepada narasumber.

Setelah sesi diskusi berakhir. Pemateri yang juga sesepuh dari PHP Malang memberikan cerita, pengalaman dan sedikit kesimpulan mengenai ketiga Framework PHP tersebut yaitu :

Kesimpulan

  1. Gunakan codeigniter agar kita terbiasa dengan konsep MVC dan memahami dalam belajar OOP PHP
  2. Gunakan Laravel jika kita ingin proyek cepat selesai
  3. Gunakan Symfony jika kita ingin maintenance cukup lama terhadap aplikasi kita

Akhir acara juga ditandai dengan setiap peserta mendapatkan Sticker dari Malang PHP User Grup dan juga Sticker asli dari Jetbrain. Bukan hanya itu, tapi juga salah satu peserta akan mendapatkan lisensi gratis dari Jetbrain selama 1 tahun!

 

Begitulah cerita kemarin ketika Meetup PHP Malang User Grup. Kedepan dan setiap bulan akan selalu ada Meetup PHP Malang dan tentu saya juga akan share disini. Semoga dengan begini, akan semakin banyak muncul komunitas PHP di seluruh Indonesia dan meningkatkan ekosistem pemrograman. Oh ya, sebelumnya baca juga artikel saya yang lain seperti 5 Tips Agar Tiket Pesawat Tidak Hangus dan Day 2 Vocabulary From Quizlet

See You Next Time!

 

Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *