Tips Agar Visual Studio Code Lebih Produktif

Tips Agar Visual Studio Code Lebih Produktif
Tips Agar Visual Studio Code Lebih Produktif

KuReview – Visual Studio Code menjadi salah satu proyek sumber terbuka yang tumbuh secara cepat dan tingkat popularitas yang cukup tinggi. Rilis pada tahun 2015 dan saat ini telah digunakan oleh 35% developer didunia berdasarkan Stack Overflow Survey pada tahun 2018.  Saya sendiri pun menggunakan Visual Studio Code untuk mengerjakan beberapa proyek seperti website, belajar bahasa C dan lain sebagainya. Alasannya karena Visual Studio Code salah satu text editor yang cukup ringan digunakan namun memiliki banyak sekali plug in yang memudahkan kita untuk lebih produktifitas.

Karena sebab itu, ada beberapa tips dan trik agar Visual Studio Code bisa membuat kita menjadi lebih produktif dengan beberapa plugin sebagai berikut

Git dan Gitlens

Git merupakan salah satu perangkat lunak yang banyak sekali digunakan oleh developer. Apalagi dengan menggunakan extension GitLens akan membuat kita menjadi lebih mudah untuk melakukan aktifitas seperti stage,commit, stash dan undo changes. Salah satu fitur terbaik dari GitLens adalah kita bisa mengetahui apa dan kapan setiap baris kode yang berubah di proyek.

Live Share

VS Code Live Share merupakan salah satu fitur baru untuk developer preview. Dengan menggunakan plugin ini kita bisa membagikan workspace kita secara realtime, live editing, pin ke pengguna untuk mengikuti cursor kita , debugging secara bersama sama dan masih banyak fitur lainnya. Fitur ini sangatlah membantu bagi para developer yang bekerja secara remote atau ketika kita sedang berkolaborasi dengan developer lain namun ditempat yang berbeda.

JSON to Code

Nah, ini salah satu extension bagi kita yang sering bekerja dengan JSON. Extension ini dengan mudah bisa mengkonfersikan JSON kita menjadi interface usable in strong-typed languages dengan satu perintah.

Rename All Occurrences

Refactoring menjadi salah satu aspek penting kita , ketika kita menulis dan merawat code untuk clean code. Namun, itu akan sangat sulit apa bila kita akan refactoring module yang cukup banyak atau chunk of code yang besar. Dari pada kita mencari dari sekian puluh file untuk rename sebuah variable atau method, maka akan lebih baik bila Visual Studio Code melakukan untuk kita/

Jika kita select sebuah variable / method dan hit F2, kita bisa merubah nama dan hal tersebut akan merubah setiap instance dari variable tersebut daripada harus mengerjakan di keseluruhan proyek.

Jika kita hanya ingin merubah nama filte tersebut, gunakan Command + F2 untuk Mac dan Ctrl + F2 untuk Windows / Linux dan VS Code akan merubah setiap instance dari file tersebut.

Go to Definition

Ketika kita melakukan aktifitas programming atau scripting, dan suatu waktu kita run untuk sebuah variable atau method yang ktia sendiri tidak mengenalinya. Apa yang akan kita lakukan? Mungkin kita akan menghabiskan banyak waktu untuk mencari file yang benar atau mungkin cara terbaik dengan perintah Command untuk Mac dan Ctrl untuk Windows / Linux dan klik varibale / method dengan menggunakan mouse kita.

Atau kita bisa juga mengarahkan kursor di variable / method sambil menekan Command di Mac atau Ctrl di Windows / Linux, yang akan menampilkan dfinisi dari variable / method tersebut di sebelah kode tersebut.

Edit Multiple Line at Once

Jika kamu pernah memasukkan atau menghapus beberapa instance text dalam sebuat dokumen, yang harus kita lakukan adalah dengan membuat multiple kursor. Kita bisa membuatnya dengan menekan Option di Mac atau Alt di Windows / Linux dan klik dimanapun di dalam text editor. Setipa klik akan membuat kursor baru.

Ini sangatlah berguna apalagi ketika mengerjakan HTML, dimana kita ingin sekali menambahkan banyak instances dari class yang sama atau merubah format dari beberapa hyperlinks.

Debugger

Untuk masalah debugger bisa dilihat pada video diatas yang dibuat oleh Visual Studio Code sendiri.

Keybindings dan Command Pallete

Ketika kita ingin sesuatu dengan cepat bisa terselesaikan, maka saya sarankan dengan mengingat beberapa hot keys. Nah , ini ada beberapa essentials cheat sheet untuk keybindings di Visual Studio Code.

Command Pallette adalah salah satu tools yang sangat berguna bagi kita. Bisa dengan menggunakan Command + P di Mac atau Ctrl + P di Windows. Mulailah dengan mengetikan nama file dan kita akan mendapatkan secara lengkap hasil pencarian dari wokspace.

Custome Keybindings

Salah satu keybinding yang hilang dari Visual Studio Code adalah menyimpan semua task. Nah , salah satu caranya kita bisa membuatnya dengan mudah yaitu degan membuat sendiri keybinding. Contohnya untuk menyimpan semua file yang telah diubuh di wokspace dengan Command + Shift + S di Mac dan Ctrl + Shift + S di Windows / Linux.

Artikel ini merupakan terjemahan dan beberapa saya tambahkan dengan menggunakan bahasa sendiri dari situs Pro Tips for Visual Studio Code to be productive in 2018 

Baca juga artikel saya yang lain seperti Meetup PHP Malang : Bukti Malang Siap Menumbuhkan Programmer Berbakat dan 5 Tips Agar Tiket Pesawat Tidak Hangus

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *