Tools Mempercantik Feed Instagram

KuReview – siapa yang tidak menginginkan untuk memiliki feed Instagram yang menarik perhatian? Pun tak terkecuali saya sendiri. Dahulu, saya memposting foto / video tidak memerlukan yang namanya editing atau membandingkan pewarnaannya. Cukup memfoto dan selanjutnya memposting hasil foto tanpa adanya tahap editing. Mungkin bila ada, saya akan memberikan filter yang dibuat oleh Instagram. Namun, seiring dengan perjalanan waktu. Saya pun memustukan untuk lebih membuat warna dalam feed Instagram saya. Hitung hitung enak dipandang dan bisa menceritakan apa yang telah saya lakukan sehingga Instagram saya bisa membranding diri saya sendiri.

Nah, disini saya akan menceritakan beberapa Tools untuk mempercantik Feed Instagram seperti

1. VSCO

Mengutip dalam halaman About VSCO didalam situs mereka, disebutkan bahwa

VSCO is a photo company. We build creative tools and a community driven by self-expression. Our mission is to equip, educate, and inspire anyone on the journey towards realizing their creative potential.

VSCO bisa kita temukan dalam Play Store Android dan App Store iOS yang memiliki beberapa fasilitas kepada pengguna untuk bisa filter foto, potong foto, memberikan frame, dan yang paling utama memang bagian filter foto. Sebab dalam filter foto terdapat puluhan filter untuk mempercantik Feed Instagram. Ketika kita bisa mengedit bagian filter, kita juga bisa merubah seberapa tinggi / nilai yang kita berikan kepada filter tersebut. Bukan hanya itu saja, kita juga akan mampu untuk bisa merubah Exposure, Contrast, Straighten, Saturition, Temperature dan lain sebagainya.

              Saya mengedit menggunakan VSCO

Saya pun merekomendasikan VSCO ini. Sayangnya untuk bisa mendapatkan ragam filter dan juga kemampuannya yang handal kita harus merogoh koceh untuk bisa mendapatkan versi premium dari aplikasi ini.

2. Snapseed

Nah, jika VSCO lebih kearah filter. Maka Snapseed ini lebih mengarah kepada manipulasi foto layaknya photoshop dimana menyajikab berbagai perkakas untuk editing foto seperti Tune Image, Curves, White Balance , Crop Brush serta berbagai macam pilihan untuk editin foto yang lain. Bersyukurlah karena untuk versi Snapseed bisa kita unduh secara gratis tanpa membayar. Tentu saja ada tools untuk filter, Namun bila dibandingkan dengan VSCO masih jauh lebih banyak milik VSCO.

3. Photogrid

Ketika kita membuka pertama kali membuka Photogrid, maka kita akan dihadapkan pilihan untuk menggunakan Photogrid yang bisa digunakan untuk  edit Grid dimana pengguna bisa menggabung dua foto atau lebih dalam satu frame, menu kedua adalah menu untuk edit foto dengan berbagai macam pilihan seperti crop, sticker, filter,  memberikan tulisan / font, blur serta fokus. Tak lupa didalam Photogrid terdapat menu lain yaitu kita bisa membuat 3D Card untuk momen spesial kita. Lalu ada pula menu Scrapbook dimana kita bisa mengedit foto foto kita yang jumlahnya lebih dari satu dan dicampurkan menjadi satu untuk menghasilkan foto yang terlihat lebih bagus seperti dibawah ini :

Editing Using Photogrid

Nah, Fitur terakhir adalah fitur Slideshow dimana kita bisa membuat slide show secara mudah dengan menggunakan Photogrid dari foto foto kita yang akan dijadikan satu untuk dijadikan video.

4. Canva

Berbeda dengan perangkat lunak yang lain. Canva lebih berfokus kepada Design sebuah pamflet, poster, Instagram Story atau Feed Instagram agar lebih menyerupai pamflet/ poster. Saya biasanya menggunakan perangkat ini untuk membuat Thumbnail Blog, Instagram Story serta berbagai pamflet sederhana guna mempercepat waktu dari pada harus menggunakan Photoshop bukan? Contohnya saya menggunakan pamflet dari Canva untuk header dari tulisan saya ini.

5. Huji

Huji lebih berfokus kepada camera filter sehingga filter kamera kita bisa selayaknya seperti kamera film zaman dahulu. Memberikan beberapa efek yang terkesan cukup ‘kuno’ dan lebih aesthetich. Biasanya saya menggunakan Huji terlebih dahulu sebelum menggunakan perangkat lunak yang lain.

6. Lightroom

Salah satu perangkat perangkat lunak yang cukup sulit untuk saya pakai. Sebab tampilan antar muka Lioghtroom cukup membingungkan. Fungsi Lightroom bisa dibilang kompleks karena memiliki puluhan tools untuk mempercantik penampakan foto kita. Ada beberapa tools seperti Healing, Light, Colors , Effect , Detail , Optics serta Tools lain untuk memanipulasi foto kita sehingga tampak berbeda atau lebih indah dari biasanya.

7. Meizu

Tentu saja, pengembang lain tidak mau kalah. Munculah Meizu untuk menandingi VSCO. Sebuah perangkat lunak dari Meizu dengan memiliki ratusan Filter seperti VSCO namun juga memiliki varian filter yang saya rasa berbeda dengan yang dimiliki VSCO. Tidak hanya filter namun mampu untuk memanipulasi lain dengan dilengkapi Beautify, Sticker, Magic Brush, Mosaic, Tech Magic, Materials seperti Sticker dan Collage. Sehingga bisa dibilang Meizu memiliki beragam fitur yang lebih banyak daripada VSCO.

8. Overlay

Layaknya Canva, Overlay berfokus pada merubah foto menjadi seperti sebuah pamflet, quote atau memberikan Font kepada foto agar terlihat lebih bagus. Beberapa fitur yang bisa kita dapatkan dari Overlay seperti editing text, editing Overlay, Sticker, Masks, Blend dan masih banyak beberapa fitur lainnya.

Sebenarnya masih banyak perangkat lunak android yang bisa digunakan untuk memanipulasi foto agar tampilan feed instagram lebih baik lagi. Sayangnya, saya tidak memiliki pengetahuan serta tidak menggunakan perangkat lunak tersebut. Sehingga saya tidak memasukkannya kedalam tulisan saya. Lagi pula, terlalu banyak tools untuk memanipulasi foto rasanya terlalu ribet dan bisa menghabiskan kapasitas handphone. Jadi saya hanya menampilkan 8 buah tools untuk mempercantik feed instagram. Semoga bermanfaat!

Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *