Meetup Ngedabrus #6 KLiM : Otomatisasi Jaringan dengan Paramiko

Meetup Ngedabrus #6 KLiM : Otomatisasi Jaringan dengan Paramiko
Meetup Ngedabrus #6 KLiM : Otomatisasi Jaringan dengan Paramiko

KuReview – Pertama kali mengikuti Meetup Ngedabrus #6 KLiM : Otomatisasi Jaringan dengan Paramiko di Werkudoro Cafe membuat saya sempat deg-deg an karena belum begitu mengenal dengan Komunitas Linux di Kota Malang ini. Walaupun saya masuk dalam grup Telegram KLiM namun, saya sendiri merupakan salah satu member yang tidak begitu aktif. Bisa dibilang sebagai anggota yang pasiflah.

Nah, acara dimulai sekitar pukul ketika pemateri kita yang berasal dari Gontor Mas Imron Rosyadi yang saat ini magang di Kantornya Pak Darian. Pembahasan dari meetup ini bisa dibilang cukup menarik , yaitu Otomatisasi Jaringan dengan Paramiko. Walaupun saya sendiri tidak begitu paham mengenai jaringan, namun karena mendapat ajakan dari Mas Bill sekaligus mengenal lebih jauh dan berusaha untuk menjadi anggota KLiM yang cukup aktif untuk mengikuti kopdar / meetup membuat saya memutuskan untuk mengikuti kopdar di Werkudoro yang dilaksanakan pada 22 September 2018.

Sebelumnya, di Grup Telegram KLiM sudah diberitakan jauh jauh hari untuk mempersiapkan beberapa perkakas seperti Soft. GNS3, Image IOU/IOS, dan Appliance Network Automation. Untuk spesifikasi hardwarenya adalah RAM 4GB dengan Core i5. Untuk distronya sendiri dibebaskan.

Untuk instalasi GNS3 bisa melalui tautan ini.

Pembahasan

Meetup Ngedabrus #6 KLiM : Otomatisasi Jaringan dengan Paramiko
Pemateri dan Peserta Ngedabrus #6

Pembahasan pertama Mas Imron memberikan beberapa alasan menggunakan Linux untuk otomatisasi jaringan, Salah satunya dengan menggunakan Python dan Protokol Telnet. Otomasi dengan python dan protokol telnet.

Pertama menjelaskan terlebih dahulu mengenai Network Automation. bahkan dijelaskan juga mengenai alasan penggunaan Network Automation. Yaitu :

Network Automation

  1. Menyederhanakan Pekerjaan
  2. Lebih Cepat
  3. Sumber Daya Maksimal
  4. Keuntungan Lebih

Oleh sebab itulah dijelaskan, untuk menggunakan Linux. Sebab, banyak sekali network operating system yang dibangun berdasarkan Linux. Selain itu, beberapa dukungan tidak hadir pada sistem operasi lain, seperti Netmiko,Paramiko yang berjalan baik di Linux.

Meetup Ngedabrus #6 KLiM : Otomatisasi Jaringan dengan Paramiko
Mencoba Mensolve Error

Demo Configurasi dengan GNS3

Nah, ketika demo configurasi dengan GNS3, saya sendiri ikut mencoba untuk configurasi dengan GNS3. Namun, sayangnya ketika mengikuti semua instruksi mengalami beberapa permasalahan yaitu munculnya Error bahwa tidak ditemukannya libcrypto.so.4 . Cukup lama saya dan Mas Bill berusaha memecahkan masalah penyebab error libcrypto.so.4.

Meetup Ngedabrus #6 KLiM : Otomatisasi Jaringan dengan Paramiko
Demo dengan GNS3

 

Sehingga , untuk sementara, presentasi dari narasumber cukup terhenti untuk membantu para peserta meetup menyelesaikan permasalah yang didapat. Hingga pada akhirnya karena banyaknya permasalahan yang ada. Presentasi dilanjutkan. Sedangkan peserta yang masih mengalami error untuk berhenti sejenak dalam menyelesaikan permasalahannya. Saya dan Mas Bill sendiri masih berusaha untuk menyelesaikan permasalahan libcrypto.so.4 hingga pada akhirnya masalah tersebut bisa diselesaikan oleh Mas Fadlun. Terima kasih kepadanya akhirnya bisa membantu kami untuk solving masalah tersebut.

Saya sendiri jarang sekali memegang jaringan sehingga ada banyak hal yang terlupakan. Apalagi seperti menggunakan GNS3 dan setting perangkat di GNS3. Bisa dibilang saya sendiri tidak pernah menggunakan GNS3 namun menggunakan Packet Tracker untuk belajar jaringan.

Mas Imron pun mulai menjelaskan dan mempraktekkan ketika melakukan Network Automation dengan Paramiko. Untungnya, Mas Imron menuliskan dokumentasi ketika melakukan Network Automation dengan Paramiko di blognya Mas Imron yaitu Imron Rosyadi Network Automation dengan Paramiko.

Tidak hanya itu saja melainkan juga mengenai Network Automation | Python Telnet yang ditulis cukup rapi dan jelas dalam setiap tahapan ketika melakukan otomasi. Bisa dilihat pada Imron Rosyadi Network Automation | Python Telnet 

Sehingga pada malam ini, Mas Imron menjelaskan secara menyeluruh mengenai Otomatisasi Jaringan dengan Paramiko serta percobaan apa saja yang telah dilakukannya.

Akhirnya, kopdar / Meetup Ngedabrus #6 KLiM : Otomatisasi Jaringan dengan Paramiko bisa terselesaikan dengan menjelaskan secara maksimal presentasi dari narasumber. Walaupun ada banyak error dari para peserta seperti yang saya alami atau permasalahan yang lain.

Materi Meetup :

Otomasi Jaringan dengan Paramiko oleh Imron Rosyadi (odp)

 

Baca juga cerita saya yang lain di Vocabulary From TED Talk Day 3 dan Meetup INDUX Kolaborasi Desainer dan Pengembang

Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *