Meetup PHP Malang September : Jetlins dan PHP Coding Standard

Meetup PHP Malang September : Jetlins dan PHP Coding Standard
Meetup PHP Malang September : Jetlins dan PHP Coding Standard

KuReview – Tak terasa waktu berjalan begitu cepat. Bulan september telah menghampiri. Meetup PHP Malang pun telah usai digelar di Dilo Malang pada 18 September 2018. Mengusung dua narasumber yang berasal dari DOT Malang dan bertema PHP Coding Standard dan Building Awesome CI/CD  with  Jenkins. Peserta yang daftar cukup banyak. Namun, sebelumnya saya berencana untuk tidak datang pada Meetup PHP Malang September : Jetlins dan PHP Coding Standard karena ada janji dengan kawan yang tidak bisa saya batalkan. Tetapi, saya mendapatkan saran untuk bertemu dengan kawan saya di Dilo Malang. Biar bisa mengikuti meetup sambil bisa bertemu dengan kawan saya. Alhasil, saya datang di Meetup PHP sedikit terlambat dan tidak begitu banyak membantu kawan-kawan dalam mempersiapkan acara.

Jadi saya hanya bisa menceritakan sedikit mengenai bagaimana keseruan dari Meetup PHP Malang September : Jetlins dan PHP Coding Standard pada kemarin tanggal 18 September 2018.

Pembukaan

Seperti biasanya. Meetup PHP Malang menggunakan Eventbrite untuk pendaftaran peserta meetup. Peserta sudah mulai berdatangan badha’ magrib dan mulai registrasi. Berbeda dengan sebelumnya, dimana meetup berada diluar kelas Dilo Malang. Kali ini meetup PHP User Group Malang menggunakan kelas Dilo untuk meetup. Kurang lebih setidaknya ada 30 orang yang hadir dalam Meetup PHP Malang September : Jetlins dan PHP Coding Standard. Sehingga kelas di Dilo Malang terlihat penuh. Bahkan saya dan Mas Bill sendiri harus mengambil kursi dari luar ruangan untuk bisa duduk di dalam kelas.

PSR-1 dan PSR-2 Coding Standard

Sayangnya, pada kesempatan ini Mas Didik sebagai pemateri PSR-1 dan PSR-2 Coding Standard sedang berhalangan hadir sehingga digantikan oleh Mas Fatoni sebagai pemateri untuk materi coding standart PHP.

Materi dibuka dengan menjelaskan alasan dibuatkannya PSR-1 dan PSR-2 serta sejarahnya. Selanjutnya memberikan sedikit demonstrasi mengenai PSR-1 dan PSR-2. Kemudian, dalam presentasinya, Mas Fatoni bisa membawakan materi dengan sangat baik sehingga saya sendiri bisa banyak mendapatkan ilmu dari PSR Coding Standard.

 

Building Awesome CI/CD With Jenkins

Selanjutnya, materi ini dibawakan oleh Mas Samsul Ma’arif , salah seorang Dev Ops dari DOT Malang. Awal dari materi menjelaskan bagaimana proses pengembangan dengan cara lama , permasalahan yang ditimbulkan bila kita menggunakan cara lama, yaitu dengan Code – Build – Test – Realease – Operate dan memperkenalkan dengan cara baru. Yaitu dengan cara Dev Ops.

Memperkenalkan bagaimana Dev Ops sebagai salah satu “istilah” baru dalam dunia pengembangan, serta perkakas apa saja yang digunakan oleh Dev Op. Materi pun beranjak ke Jenkins. Memperkenalkan Jenkins sebagai salah satu tools open source automation server. Fitur-fitur yang dimilikinya hingga pada tahap instalasi.

Walaupun waktu tinggal sedikit, namun Mas Samsul masih tetap mencoba memberikan beberapa demo mengenai Jenkins.

Slide Materi Building Awesome CI/CD With Jenkins

Penutupan

Sayangnya, saya harus beranjak dari tempat ketika tanya jawab berlangsung sehingga saya tidak begitu menyimak mengenai tanya jawab untuk materi pertama dan kedua sehingga tidak ada informasi yang bisa saya berikan mengenai pembahasan apa saja ketika terjadi Q&A.

Para Peserta Meetup PHP Malang User Group
Para Peserta Meetup PHP Malang User Group

Cerita mengenai meetup akan terus saya sampaikan sekaligus memberikan kesan bahwa Malang merupakan salah satu kota yang bisa dijadikan lokasi strategis untuk membangun sebuah era / peradaban antar pengembang yang gemar berbagi dan membangun sebuah ekosistem yang ramah bagi para pengembang.

Simak beberapa catatan saya sebelumnya mengenai Vocabulary from TED Talk dan MEETUP NGEDABRUS #6 KLIM : OTOMATISASI JARINGAN DENGAN PARAMIKO.

Terima Kasih dan Support terus setiap Meetup dengan mengikutinya, bertanya atau berbagi setiap artikel dan pamflet meetup PHP Malang User Grup!

Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *