Sharing Expert di STASION Festival 2018 Bagian 2

KuReview – Sebagai salah satu komunitas yang bergerak dalam bidang digital,  STASION (Komunitas Startup Singo Edan ) memiliki misi untuk Mengajak seluruh stakeholder untuk berkolaborasi memajukan dunia technopreneur di Kota Malang. tentunya dengan menjalankan program-program unggulan yang telah digagas dengan matang sehingga STASION dalam acara Festival 2018 ini membuat serangkaian acara salah satunya adalah Sharing Expert selama satu hari penuh pada 17 November 2018.

Acara Sharing Expert di STASION FESTIVAL 2018 ini menggandeng komunitas – komunitas digital di Kota Malang sebagai narasumber dan mengundang beberapa pemateri nasional yaitu dari Bank Indonesia, Telkom dan BCA. Dinoor Susatijo, Senior Manager of Innovation Management di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk ,Khrista Jaya Wardhani, Cash Management Officer, BCA dan Miftachul Choiri, Analisis Div Teknologi Finansial, Dept Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia.

Sedangkan untuk Sharing Expert di STASION FESTIVAL 2018  berkolaborasi dengan beberapa komunitas seperti INDUX dan ADGI Chapter Malang untuk pembahasan Design Principle. KLIM, Malang PHP User Grup, Malang QA, Scrum Malang dan Kelas mobile dengan pembahasan Automated Test. FAM dan GDM membahas mengenai Animation for Industry. Sebuah kolaborasi yang unit ketika komunitas dari berbagai sektor bisa duduk bersama dan mendiskusikan sebuah tema yang cukup urgent dikalangan junior hingga senior dalam dunia teknologi.

Sharing Expert Fintech

Acara pertama dalam Sharing Expert dimulai pukul 10.00 –  12.00 WIB di Dilo Malang dengan menghadirkan Pak Dinoor Susatijo, Miftachul Choiri dan Bu Khrista Jaya Wardhani. Fokus diskusi BCA kepada API yang telah dibuka BCA untuk bisa digunakan oleh industry digital dalam dunia Fintech. Sedangkan BI lebih kepada regulasi dan perizinan dalam dunia Fintech. Telkom berfokus bagaimana pemerintah mendukung startup dengan menghadirkan Indigo yang bisa memberikan pendanaan dan mentoring kepada startup di Kota Malang.

Sharing Expert Design Principle

Mengulas bagaimana prinsip-prinsip dalam dunia design, dilakukan oleh seorang praktisi sekaligus akademis dari BINUS dan Komunitas ADGI Chapter Malang yaitu Pak Victor Abednego dan Alvan Zaputra, Founder Tabook dan .INDUX . Pembahasan cukup menarik terlihat dari antusias peserta untuk bertanya dan jumlah pengunjung yang cukup banyak sehingga kursi peserta penuh dan membuat beberapa peserta berdiri.

 

Sharing Expert Automated Test

Sharing Expert yang mengkolaborasikan 4 Komunitas Teknis (KLIM, MPUG, Kelas Mobile, dan Malang QA) serta 1 Komunitas Agile yaitu Scrum. Membahas dari mulai manajemen agile development hingga proses pengembangan dan testing dijelaskan cukup detail oleh para pemateri dari masing-masing komunitas. Sempat pula pemateri Kelas Mobile untuk membuat demo bagaimana implementasi Automated Test untuk form login di mobile apps juga. Moderator pada Sharing Expert ini berasal dari komunitas Kelas Mobile yaitu Mas Mustofin.

 

Sharing Expert Animation For Industri

Salah satu materi yang cukup fenomenal di antara 4 Sharing Expert pada hari pertama STASION FESTIVAL 2018 karena Kota Malang merupakan kota yang mendapatkan julukan kota kreatif pada salah satu ajang awad oleh iNews. Pembahasan Animation for industry pun dibawakan oleh para praktisi yang bekerja sebagai seorang animator yaitu dari komunitas FAM, Agus Setyawan dan GDM Mas Amri dan Mas Dede.

Menceritakan bagaimana perusahaan rintisan mereka membuat sebuah animasi untuk produk iklan dan bagaimana mereka bisa survive ketika Industry di Indonesia belum memiliki ekosistem yang baik dalam dunia animasi.

 

Harapannya dengan adanya Sharing Expert bersama para praktisi yang sudah berpengalaman, bisa meningkatkan knowladge diantara para junior software enginer / junior animator dalam melangkahkan kakinya dan merintis karirnya dalam dunia digital. Mengingat, Malang sebagai kota yang memiliki jumlah univeristas dalam bidang IT cukup banyak, masih memiliki gap antara dunia industry dan pendidikan. Sehingga, hadirnya Sharing Expert ini akan menjadi trigger bagi para junior dan mahasiswa untuk lebih meningkatkan minat mereka dalam mempersiapkan diri menghadapi kompetensi di dunia industri.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya Sharing Expert bisa menjadi Trigger untuk semua kalangan bahwa Malang memiliki sebuah wadah / komunitas sebagai media sharing, berbagi pengetahuan dan networking yang selalu diadakan setiap bulan di DILo Malang atau lokasi lainnya demi menghadirkan sebuah ekosistem digital yang positif dan mendukung berkembangannya talent baru dalam dunia Industry.

 

Sosial Media STASION :

Twitter STASION MALANG

Instagram STASION MALANG

Sosial Media STASION FESTIVAL 2018

Instagram STASION FESTIVAL 2018

Lihat juga artikel terkait sebelumnya :

STASION FESTIVAL BAGIAN 1

Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *