STASION FESTIVAL 2018 Bagian 1

 

KuReviewSTASION sebagai salah satu komunitas besar di Malang berencana untuk membuat sebuah acara. Namanya adalah STASION Festival 2018. Sebuah acara yang digelar di Kota Malang dengan mengusung tema “Build Ecosystem and Human Capital for Digital Industry”

Perlu kita ketahui bersama, sebelum ada STASION FESTIVAL 2018, tahun lalu STASION mengadakan sebuah acaranya namanya STASION CONFERENCE 2017 yang dihadiri oleh 5 Stakeholder di Kota Malang. Mulai Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintah dan Media. Sehingga acara pada tahun ini merupakan acara lanjutan dari konferensi yang telah diadakan sebelumnya.

Berbeda dengan acara tahun lalu, acara tahun ini memiliki 3 serangkaian acara selama 2 hari. Acara tersebut meliputi

  1. Exhibition. Para pesertanya adalah Startup Malang, Startup di Kampus, dan Komunitas. Yang nantinya pameran ini akan dimeriahkan oleh mahasiswa di Kota Malang, serta masyarakat umum. Tujuannya, selain masyarakat bisa mengetahui bagaimana perkembangan startup di Malang, agar mahasiswa juga bisa diberikan gambaran mengenai industri saat ini, yaitu Industri 4.0
  2. Sharing Expert. Komunitas di Malang cukup banyak sekali. Bila ditotal, lebih dari 5 komunitas dibagian IT yang ada di Kota Malang.Sehingga diadakanlah Sharing Expert dari Komunitas di Malang yang menyasar para mahasiswa, juniro developer atau orang orang yang masih baru dalam dunia startup digital.
  3. Conference. Acara inti dari STASION FESTIVAL yang merupakan kelanjutan dari STASION CONF 2017 dengan mempertemukan semua stakeholder untuk menumbuhkan dan mengembangkan sebuah ekosistem untuk industri digital yang dihadiri oleh Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintahan dan Media untuk diskusi dan musyawarah untuk bisa berkolaborasi bersama untuk Building Ecosystem and Human Capital for Digital Industry di kota Malang.

STASION FESTIVAL 2018 sebagai sebuah komunitas memiliki tujuan untuk membuat ekosistem yang mendukung berkembangnya para startup di Kota Malang. Karena, Malang sendiri merupakan salah satu kota dengan jumlah universitas yang besar, mahasiswa yang selalu berdatangan silih berganti dan menghasilkan banyak sekali programmer muda, manager muda , dan fresh graduate yang siap untuk terjun ke dunia industri. Maka diperlukan sinkronisasi antara fresh graduate dengan industri yang ada sehingga kompentensi mahasiswa bisa sesuai dengan kebutuhan industri yang ada. Pemerintah Malang pun juga harus membuat regulasi yang mendukung pertumbuhan industri di Kota Malang. Media Malang harus pula turut aktif dalam meliput industri dan pemerintah yang berkolaborasi agar kota lain dan bahkan nasional bisa mengetahui bagaimana Malang bisa menciptakan ekosistem digital yang positif.

STASION FESTIVAL 2018 akan digelar di Dilo Malang, Jalan Basuki Rahmat No. 7-9 Malang pada tanggal 17 – 18 November 2018. Selama penyelenggaran 2 hari, Komunitas Startup Singo Edan alias STASION ini bekerjasama dengan banyak pihak mengingat untuk membuat sebuah ekosistem positif di Kota Malang tidak bisa dilakukan sendirian, STASION menggandeng Bank Indonesia, BCA, Dilo Malang dan Telkom Indonesia. Bersamaan dengan komunitas lain untuk mendukung acara STASION yaitu INDUX, Kelas Mobile , Malang PHP User Group, KLIM, FAM, GDM, ADGI, Scrum Malang, dan MQA.

Harapannya adalah dengan adanya STASION FESTIVAL 2018 akan menjadi langkah besar, sebuah percik api kecil untuk bisa menghidupkan Ekosistem dan Sumber Daya Manusia yang bisa mendukung Industri Digital di Kota Malang. Sebagai warga Malang, mahasiswa Malang, pegiat startup, pengembang perangkat lunak maka sudah selayaknya pula kita mendukung suksesnya acara STASION FESTIVAL 2018 di Kota Malang.

 

Sosial Media STASION :

Twitter STASION MALANG

Instagram STASION MALANG

Sosial Media STASION FESTIVAL 2018

Instagram STASION FESTIVAL 2018

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *