Daily Programmer : Cerita IDSECCONF 2018 di Malang

KuReview – dua minggu yang lalu, salah satu event nasional yang cukup bergengsi dan selalu diadakan setiap tahunnya sekali lagi menempatkan Malang sebagai tuan rumah acara setelah sebelumnya pada tahun 2016 juga menjadikan Malang sebagai tuan rumah IDSECCONF 2016 dengan lokasi di Gedung C , UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai lokasi. Kini, IDSECCONF 2018 diadakan pula di lokasi Teater DOM UMM selama dua hari yaitu tanggal 1 – 2 Desember 2018 dengan menghadirkan beberapa pemateri nasional dan menampilkan beberapa paper.

Menariknya pada konferensi kali ini, peserta diberikan kesempatan untuk mendengarkan bagaimana cerita ketika pengamanan acara ASIAN GAMES 2018 berlangsung.

Rundown acara kemarin itu seperti ini :

Rundown IDSECCONF 

Saya Alhamdulillah berkesempatan bisa mengikuti hampir semua materinya. Hanya saja, ketika diskusi panel berlangsung pun saya memutuskan untuk pulang. Karena waktu itu, ada beberapa deadline yang harus saya selesaikan. Kalaupun boleh jujur ada banyak sekali materi yang tidak saya ketahui. Ya karena memang materinya udah expert dan memang seharusnya yang mendengar adalah mereka yang cukup lama berkecimpung dalam dunia keamanan. Entah keamanan jaringan, DevOps serta keamanan lainnya.

Sayangnya, kekecewaan saya itu lebih kepada MC acaranya. Bukan moderator , tapi MC yang sepertinya berasal dari panitia sendiri dan tidak disiapkan MC yang memang sudah berpengalaman. Moderatornya , malah saya rasa udah terbaik sekali. Bisa membawakan acara cukup baik. Bisa membawakan joke, dan membuat suasana tidak serius melulu.

Acara IDSECCONF 2018 ini juga disponsori oleh beberapa sponsor seperi CBN, Tiket.com, serta sponsor yang lain. Tak hanya itu, beberapa sponsor juga memberikan hadiah berupa voucher game kepada para peserta yang hadir dengan sebelumnya, peserta diberikan pertanyaan seputar IDSECCONF 2018.

Oh ya, dalam IDSECCONF 2018 ini juga ada CTF yang dilakukan selama 48 Jam kalau tidak salah. Terdapat 3 Juara. Saya sendiri tidak begitu mengingat siapa saja juaranya. Namun, bisa dilihat penampakan para juara CTF tahun ini yang diselenggarakan oleh IDSECCONF 2018 :

Pemenang CTF 2018 oleh IDSECCONF 2018

Bila teman-teman ingin lebih mengetahui materi apa saja yang disampaikan, bisa mengunduh materi IDSECCONF 2018 disini:

Download Materi IDSECCONF 2018

Mungkin itu saja laporan saya , cerita saya mengenai Daily Programmer : Cerita IDSECCONF 2018 di Malang. Semoga tahun depan bisa melihat lagi IDSECCONF 2018!

Official Twitter IDSECCONF 2018

Official Website IDSECCONF 2018

 

Dokumentasi Kegiatan :

Tagged , , , ,

2 thoughts on “Daily Programmer : Cerita IDSECCONF 2018 di Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *