Catatan NolSatu: Kelas Orientasi

KuReview – Akhirnya setelah ditunggu-tunggu, kelas pertama NolSatu telah keluar dengan batch ke 8. Asumsi dengan munculnya grup NolSatu-08. Setidaknya, sampai saat artikel ini ditulis pada 21 Januari 2018, sudah ada 60an peserta yang bergabung dengan grup Telegram NolSatu-08.

NolSatu merupakan situs dimana menghadirkan sarana pembelajaran untuk lulusan IT agar sesuai kemampuannya. Itu penafsiran saya. Bisa lihat pada laman NolSatu mengenai bagian Tentang Kami :

NolSatu hadir sebagai usaha untuk merespon masalah bersama yaitu banyak lulusan TI atau profesional TI yang kemampuannya kurang sementara perusahaan-perusahaan membutuhkan profesional TI terbaik dengan kemampuan terkini. Selain itu, perkembangan TI global berlangsung sangat cepat dan kemampuan profesional TI disarankan selaras dengan perkembangan tersebut. Profesional TI diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengadopsi TI terkini untuk mendorong proses bisnis perusahaan. Imbal balik bagi profesional TI dari proses ini adalah penghasilan yang cukup dan kesejahteraan yang baik yang diberikan oleh perusahaan.

Antusias Malang dalam NolSatu

Tak bisa dipungkiri, karena fokus NolSatu (Nolsatu FAQ) adalah dengan membentuk

IT Operations, DevOps Engineer, Cloud Administrator, Cloud Engineer, SDN Engineer.

memungkinkan banyak warga Malang yang ikut dalam NolSatu. Bahkan tak sedikit teman teman KLIM yang ikut meramaikan NolSatu. Terbukti beberapa kawan saya dan orang yang saya kenal masuk dalam grup yang sama. Akhirnya, kita pun sepakat untuk membuat Grup NolSatu Chapter Malang yang terdiri dari 10 Anggota.

Tugas Pertama

Nah, untuk kelas orientasi ini ada tugas pertama sebagai berikut :

  1. Public Key format openssh ke [email protected] dengan subjek “Kunci Publik [username nolsatu]” untuk akses SSH gateway ke lab0.nolsatu.id atau lab1.nolsatu.id port 2200.
  2. Akses Lab ke https://lab0.nolsatu.id atau https://lab1.nolsatu.id menggunakan username NolSatu, Sandi default: ******* disarankan ganti default Sandi setelah sukses login.
  3. Screenshot verifikasi hasil Lab setiap sesi materi, disimpan di direktori home masing-masing di VM SSH gateway. Beri nama direktori sesuai nama materi (contoh: do-adm). Lalu lapor di Grup Telegram dengan tagar #lapor dan di Lab mana hasil Lab dieksekusi. Contoh #lapor do-adm username lab0/lab1

Kita juga diberitahu untuk mempelajari Network Fundamental untuk kembali mengingat mengenai jaringan komputer.

Oke, cukup sekian Catatan NolSatu bagian pertama ini. Nantikan dokumentasi belajar saya di kelas NolSatu. Selamat Berjuang!

Ohya, jangan lupa membaca tulisan saya mengenai Rilis Resmi Bash 5.0 serta Fitur-fiturnya

Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *