Review Gawai Honor Band 3 : Harga Murah, Fitur Lengkap

Tampilan Honor Band 3

KuReview – Akhirnya saat yang tepat untuk memberikan ulasan atau review lengkap mengenai Honor Band 3. Sebagai sebuah barang kedua (sebelumnya mengeluarkan Honor Band 2 Pro) )yang dikeluarkan oleh Huawei dalam pasar dunia smartband yang lebih dahulu dikuasai Xiaomi, Huawei menghadirkan Hono Band 3 pada tahun 2017. Benar, 2017 bukan 2018. Kalau tahun 2018, Huawei meluncurkan Honor Band 4.

Honor Band 3 ini digadang-gadang untuk bisa mengalahkan pesaing sebelumnya yaitu Mi Band 2 yang keluar pada tahun 2016. Sehingga Honor Band ini memiliki beberapa fitur yang lebih baik dari Mi Band 2. Ya, hanya beberapa tetapi tidak semua fitur bisa mengalahkan Mi Band 2.

Spesifikasi Honor Band 3

  1. Jam Tangan
  2. Deteksi Langkah Kaki
  3. Tracking Tidur
  4. Deteksi Jantung
  5. Mode Lari
  6. Mode Berenang
  7. Activity Reminder
  8. Notifikasi Pesan
  9. Notifikasi Telepon

Lengkapnya bisa lihat pada situs Smartwatch spesification atau Smartwatch Spex

Unboxing Honor Band 3

Saya membeli Honor Band 3 di Tokopedia, di Toko Jakarta Item Store dengan harga Rp 230.000 dan saya mendapatkan gratis ongkos kirim karena memiliki kupon ongkir.

Alhamdulillah dalm waktu 2 hari, pesanan saya sudah tiba. Ketika saya unboxing Honor Band 3, kemasan dibungkus rapi dan menggunakan bubble. Seperti ini penampakannya.

Unboxing Huawei Honor 3

Isi dari box Honor Band 3 berisi smartband, cable charge, adaptornya, kartu garansi dan kartu pedoman. Kalau boleh jujur, kemasan Honor Band 3 ini cukup sederhana. Tidak seperti Mi Band yang memang terkesan eklusif dengan berada di kotak.

Proses pengisian daya

Langsung saya charge Honor Band 3 dengan memasang adaptor pada smartband dan cable charge ke laptop saya. Benar, saya tidak menggunakan adaptor dari Android langsung melainkan melalui Laptop. Saya sempat lupa, tapi ada saran dari kawan yang memang lebih baik smartband dicharge dari laptop karena selain tegangan juga karena pengaruh arus listrik.

Bagusnya smartband Honor Band 3 ini daripada Mi Band adalah kita tidak perlu untuk melepas component dari smartband. Karena kita bisa memasangkan adaptior Honor Band 3 ke smartband sehingga lebih mudah digunakan. Nah, pertanyaan saya pun mulai muncul. Apa yang terjadi bila strap smartband kita patah atau sobek? Sampai saat ini pun saya masih kepikiran karena smartband saya dahulu, Mi Band pertama pun rusak strapnya. Lantas, apa yang terjadi bila rusak strap Honor Band 3 ini ? Sebab saya mencari di Tokopedia dan Bukalapak, belum menemukan penjual strap smartband Honor Band 3.

Ketika selesai mencharge , saya menginstall aplikasi Health dari Huawei untuk saya sambungkan smartphone saya Xiaomi Redmi Note 5 ke Honor Band 3. Proses menyambungnya bisa dibilang cukup mudah. Karena langsung terjangkau smartbandnya.

Saya pun mengatur pada perangkat lunak tersebut apa saja yang perlu ditampilkan pada Honor Band 3. Seperti

  1. Huawei True Sleep
  2. Activity Reminder
  3. Automatically Heart Rate
  4. Alarm
  5. Do not Disturb
  6. Notification
  7. Bluetooth
  8. Function Custom
  9. Raise Wrist
  10. Rotate to Switch Scree
  11. Auto update

Berikut Screenshot antarmuka aplikasi Huawei Health :

Ketika proses pairing device

Kesan Setelah Menggunakan

Sehingga lengkap fitur yang dimiliki oleh Honor Band 3 daripada Mi Band 2. Misalkan saja Alarm bisa kita setting sampai 5 kali, sehingga ketika waktu alarm, Honor Band 3 akan bergetar sesuai setting alarm kita. Bahkan ada smart alarm juga.

Sedikit kontroversial adalah Huawei Smart Sleep karena bisa deteksi REM Sleep , walaupun Smart Sleep Huawei sudah bersertifikat Center for Dynamical Biomekers (DBIOM). Mungkin untuk mengukur Deep Sleep bisa, tapi banyak yang tidak begitu percaya dengan REM yang dihitung. Mungkin bisa dijadikan patokan namun tak sepenuhnya bisa dipercaya. ada diskusinya di Reddit mengenai REM di Honor Band 3.

Activity Reminder, merupakan fitur cukup penting karena memberikan kita peringatan berupa getaran dan animasi untuk bergerak apabila kita duduk selama kurang lebih satu jam. Sayangnya, beberapa kali malah bisa dibilang sering miss untuk mendapatkan peringatan mengenai Activity Reminder dari Honor Band 3. Sehingga saya jarang mendapatkan notifikasi Activity Reminder dari Honor Band 3 ini. Dapat tetapi lebih sering miss.

Automatically Heart Rate, merupakan fitur yang bisa kita buat manual atau otomatis. Bila kita nyalakan maka kita akan di tracking detak jantung kita. Namun, bila manual maka kita cukup mengetahui dari smartband dan tidak tersimpan di aplikasi.Do not Disturb

Do not Disturb, merupakan fitur layaknya pada smartphone kita sehingga akan membuat smartband kita diam / hening. Tidak bergetar sesuai dengan kita turn off / turn on di applikasi Huawei Health

Notification, salah satu fitur yang menjadikan alasan saya untuk membeli smartband ini karena selain tanda notifikasi masuk, kita juga mengetahui isi pesan tersebut. Aplikasi ang kita pilih pun sangat banyak sekali. Tidak hanya 5 jenis item namun bisa lebih dari itu. Bahkan juga bisa untuk reject telepon masuk. Seperti ini penampakannya bila ada notifikasi masuk :

Tulisan Pengirim
Isi pesan

Waterproff, fitur yang sangat bermanfaat sehingga ketika hujan tidak usah takut rusak karena saya sudah membuktikan ketika terkena air saat wudhu maupun hujan tidak rusak.

Sisanya, saya rasa bisa diexplore sendiri oleh kawan kawan karena tidak begitu krusial.

Kabar Buruknya

Salah satu point minus pada Huawei Honor 3 ini ada pada

  1. Notifikasi dan Activity Reminder ada kalanya miss atau tidak masuk pada Honor Band 3
  2. Baterai yang sangat boros. Bisa dikatakan bila kita menggunakan fitur keseluruhan maka dalam waktu 1 minggu batrai akan tinggal 20% dari 100%
  3. Bila siang hari, kita tidak bisa melihat smartband kita karena tidak kelihatan. Hal ini karena layar smartband yang masih PMOLED sehingga tidak begitu kelihat di bawah sinar matahari

Kabar Baiknya

  1. Harga terjangkau. Cuman Rp 230.000 bisa mendapatkan smartband yang kaya akan fitur
  2. Ketepatan dalam Detak jantung, perjalanan kaki dan jam tidur patut diacungi jempol
  3. Tahan air, ini yang paling penting karena tidak perlu susah susah melepas dan memasang.
  4. Nyaman dipakai. Merasa kalau tangan saya cukup cocok untuk menggunakannya dan ada kalanya kayak tidak menggunakan smartband Honor Band 3 ini.
  5. Preview pesan dan Reject Telpon
  6. Charging cukup kurang lebih 1.5 Jam

Tips Honor Band 3

Memaksimalkan penggunaan baterai, maka cukup gunakan keperluan sebagaimana mestinya. Seperti mematikan detak jantung ototmatis, setting rotasi dan wakeup screen dengan rotate screen, dan notifikasi disemua aplikasi sehingga akan memanfaatkan benar-benar fitur Honor Band 3 ini.

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *