Libraries Table untuk React JS

KuReview – Menampilkan data dalam sebuah pengembangan perangkat lunak merupakan hal yang musti dilakukan. Salah satunya dalam bentuk table untuk lebih mudah dalam memvisualisasikan data yang ada disamping menggunakan Chart atau visual lainnya.

Nah, kemarin saya baru saja ngulik-ngulik untuk mencari Libraries Table React JS dan menemukan beberapa yang cocok yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

React Table

Tautan : https://github.com/tannerlinsley/react-table

Ini yang pernah saya pakai diproject-project saya serta sudah mendapatkan star di github sebanyak 5K. Selain itu, memiliki banyak fitur yang cukup baik, dokumentasinya yang mudah sekali untuk dipahami. Untuk examplenya bisa dilihat di Code Example.

MUI Datatables

Tautan : https://github.com/gregnb/mui-datatables

Kalau ini, saya sendiri belum mencobanya. Namun, bisa dijadikan opsi dengan jumlah star 474. Merupakan datatable dengan menggunakan Material UI bisa dijadikan opsi bila teman-teman menggunakan Material UI sebagai desainnya sehingga akan ada kesamaan desain antara datatable dengan desain web kita.

Semantic UI Datatable

Tautan : https://react.semantic-ui.com/collections/table/

Base on framework Semantic UI, datatable ini bisa menjadi pilihan lain buat teman-teman yang telah menggunakan Semantic UI atau untuk datatable yang lebih sederhana.

React Datagrid

Tautan : http://adazzle.github.io/react-data-grid/

Libraries ini yang cukup populer juga dengan 3K star di Github dan memiliki banyak fitur seperti Column configuration, Sorting, Filtering, Row rendering dan lain sebagainya. Bisa menjadi alternative yang baik selain React Table bila tidak menggunakan Material UI / Semantic UI.

React Smart Datatable

Tautan : https://github.com/joaocarmo/react-smart-data-table

Baru dipublish sekitar 25 hari yang lalu. Jadi bisa dibilang cukup baru untuk Libraries ini. Namun, fitur-fitur table ini cukup banyak yaitu Sorting, Searching, Server side, Automatic pagination dan lain sebagainya.

React Fixed Datatable

Tautan : http://schrodinger.github.io/fixed-data-table-2

Saya menemukannya dari reddit dengan cukup banyak fitur seperti styling, json data, jump to roll, responsive size , infiniti scrolling dst. Dengan jumlah star sekitar 800an , bisa diuji coba ooleh

Itu rekomendasi dari saya. Kalau saya sampai saat ini masih menggunakan React Table. Masih akan terus menggunakannya karena selain fitur yang cukup banyak, serta sudah mempelajari React Table juga karena support komunitas juga cukup baik. Contohnya di Spectrum React Table .

Tentu, itu semua tergantung kebutuhan kawan kawan. Bisa dicoba masing-masing libraries komponen yang menurut kawan kawan sesuai dengan kebutuhannya. Bila sudah, silahkan tinggalkan kolom komentar ya!

Semoga bermanfaat artikel saya mengenai Libraries Table untuk React JS.

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *