Yang Saya Pelajari Saat Review UX Study Case bersama IxDA Malang

KuReview – Hari ini IxDA Malang mengadakan Review UX Study Case bersama dengan member-member lain. Review ini dilakukan untuk menyambut kedatangan member baru, yaitu Mbak Ludfi yang berasal dari luar Malang.

Review ini bertujuan untuk melihat bagaimana UX Study Case yang telah dibuat Mbak Ludfi untuk bisa lolos seleksi member IxDA Malang. Saat review berlangsung,saya mendapatkan beberapa point pembelajaran baru mengenai Review UX Case Study. Judul UX Study Case adalah mengenai Aplikasi Tiket Bus.

Validasi Ulang dengan Pengguna

Saat membuat UX Case Study dan membuat penilitian, sangat diperlukan validasi ulang apa yang telah kita desain kepada pengguna agar kita bisa mengetahui apakah desain tersebut bisa dipahami oleh pengguna. Mulai dari proses awal hingga terakhir. Sehingga desain kita bukanlah asumsi saja melainkan sudah tervalidasi dengan melakukan percobaan kepada pengguna.

Penilaian dari Pengguna

Salah satu hal yang kadang kita lupa saat membuat sebuah desain / mungkin wireframe yaitu penilai dari pengguna. Maksudnya adalah saat membuat sebuah aplikasi yang terjadi transaksi. Kita harus berempati dan memikirkan kira-kira apakah pengguna akan memakainya? Apa yang membuat dia yakin bahwa barang / transportasi yang dipilihnya merupakan yang paling aman dan nyaman? Cukupkah hanya dengan rating bintang 4/5 ? Apalagi ini terkait dengan transportasi darat yaitu bus dimana kita sering melihat banyak bus yang ugal-ugalan. Disinilah kita harus memikirkan bagaimana bisa menyajikan penilaian / review kepada pengguna. Mungkin tidak hanya dengan rating saja, tapi review dari sisi kenyamanan, keamanan, dan lain sebagainya.

Seberapa Perlu Aplikasi Transportasi Menyajikan Berita ?

Dalam salah satu desain yang dibuat Mbak Ludfi, beliau menambahkan sajian berita yang ada dalam tampilan homenya. Saya pun jadi bertanya. Seberapa penting dan perlukah menambahkan desain/kolom penyajian berita pada aplikasi transportasi ? Adakah data yang menunjukkan bahwa pengguna bisa berlama lama bila kita menambahkan data berita ? Saat saya tanya, alasannya karena dia ingin memberikan informasi mengenai lokasi wisatanya. Namun bagi saya sendiri berpendapat, bahwa daripada berita mengenai lokasi wisata, mungkin bisa diganti dengan berita promosi.

Pun ini hanyalah asumsi saja. Saya sendiri tidak memiliki datanya. Namun berasumsi dan berusaha berempati dan melihat lingkungan sekitar bagaimana mereka menggunakan aplikasi transportasi seperti KAI Access, Traveloka dst.

Data Penggunaan Bus, Pernah Kecelakaan / Tidak

Pernahkah kita mengalami trauma? Saat menggunakan moda transportasi dan mengalami kecelakan? Apakah kita akan melakukan hal yang sama dengan membeli moda transportasi tersebut? Nah mungkin data-data seperti ini sedikit perlu diberikan kepada pengguna. Salah satunya aplikasi bisa memfasilitasi dengan memberikan informasi track record dari moda transportasi yang digunakan. Bisa berupa ulasan, rating atau list data history bus tersebut.

Mengetahui Aturan Platform

Sebelum membuat desain perlu diperhatikan, media apa yang akan kita gunakan. Android, iOS atau Web Apps ? Karena , dengan mengetahui platform yang kita gunakan, kita akan mengetahui apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukaan saat membuat desain. Salah satunya bila desain untuk perangkat iOS haruslah mematuhi Human Interface Guideline iOS , Android dengan Material Dsign Guideline. Karena hal ini nantinya akan berdampak pada boleh tidaknya aplikasi tersebut diunggah di platform tersebut.

Plugins Figma untuk Color Contras Chicken

Biasanya saya menggunakan Color Contras dari Jxnblk untuk mengetahui, apakah kontras warna tersebut dapat diterima atau tidak. Namun, dengan Figma. Ternyata ada salah satu plugins di Figma untuk cek Color Contras, yaitu Color Contras Chicken.


Itu saja sih cerita yang bisa saya bagikan pada hari ini. Memang, malah kebanyakan berupa pertanyaan-pertanyaan terkait dengan desain dan data. Karena , saya sendiri mengalami kesulitan untuk bisa mendapatkan beberapa data. Seperti data kecelakaan, data mengenai lokasi mana saja yang sering dilihat dan digunakan oleh pengguna. Oke itu saja. Terima Kasih.

Catatan :
Desain Mbak Ludfi akan dibagikan pada blog IxDA Malang. Tunggu aja ya! Kalau mau gabung member IxDA Malang, buka saja http://ixda-malang.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *