Berbagi Informasi Gaji Tahunan dalam Pandangan Junior Developer

person using laptop computers

Photo by @jefflssantos on Unsplash, accessed 18/02/2020


Beberapa hari yang lalu, terdapat banyak kejadian unik dan salah satunya adalah munculnya sebuah peristiwa dimana para pengembang perangkat lunak di Twitter, saling berbagai informasi mengenai gaji pertahun yang didapatkan. Tentu disertai dengan sedikit informasi seperti kota, pengalaman dan levelnya. Tak lama selanjutnya pun, muncul yang versi bahasa Indonesia.

Melihat hal tersebut? Tentu saja saya sangat senang sekali. Mengingat saya cukup kesulitan untuk #KnowYourWorth walaupun sudah pernah bertanya ke beberapa senior dengan jawaban “mengukur kemampuan diri untuk bisa mengetahui kita layak digaji berapa” tapi menurut saya, saya kurang puas dengan jawaban tersebut.

Walaupun kita tahu kalau ada sejenis salary report dari berbagai lembaga namun rasanya saya merasa kurang puas karena tidak mengetahui gaji perkota. Sebab UMK setiap kota adalah berbeda. Apakah mungkin akan menyamakan gaji Engineer di Kota Malang dan Jakarta ? Secara general tentu saja tidak. Namun, pada kasus tertentu perusahaan yang membuka cabang di Malang memang memiliki gaji lebih tinggi.

Know Your Worth!

Membahas gaji bagi sebagian orang adalah hal yang tabu. Namun, saya bukan orang beranggapan seperti itu. Melainkan, bagi saya. Gaji adalah hal yang bersifat privasi. Sehingga bagi saya, kalau ada orang berbagi cerita tentang gajinya, merupakan hal wajar karena mau membagikan ‘data’ privasinya kepada publik.Entah secara anon berupa survei atau berupa tweet. Karena, pada akhirnya pun, goal awal yang diinginkan dalam membagikan gaji tercapai, yaitu #KnowYourWorth .

Saya jadi tahu harga/pasaran seorang pengembang perangkat lunak dalam berbagai bidang, pengalaman, kota itu berapa. Saya pun jadi tahu, oh dikota A, pengalaman A, perusahaan bidang A gajinya sekian. Saya pun jadi tahu pula, kalau seorang junior bisa mendapatkan lebih daripada seharusnya. Saya jadi tahu, kalau kita bisa mendapatkan benefit lain dalam bekerja, tidak hanya gaji. Bisa berupa bonus atau asuransi. Saya jadi tahu, kita bisa memiliki side projek / freelance yang bisa menambahkan gaji kita. Saya jadi tahu, kalau masa depan seorang pemrogram bisa dapat gaji tinggi dan menghilangkan stigma yang selalu muncul ” mau gaji tinggi? level manajer saja“.

Tidak Jakarta Sentris

Ya, saya berusaha menghindari Jakarta. Sebisa mungkin untuk tidak bekerja di Jakarta. Syukur-syukur saya bekerja menjadi pegawai dari perusahaan Jakarta yang bertempat di cabang Malang. Sebab, bagi saya Jakarta sudah terlalu padat dan keinginan saya untuk mengembangkan kota Malang sebagai bentuk rasa tanggung jawab anak daerah untuk meningkatkan ekosistem di Malang harus dilakukan.

Tak tanggung-tanggung, saya mencoba untuk membagikan tautan untuk mengisi Google Form tersebut ke beberapa grup lokal Malang dengan harapan agar para senior dan junior di kota Malang ikut mengisi. Alhamdulillahnya ada beberapa senior-junior yang membagikan gaji mereka yang berasal dari Malang / bekerja di Malang, saya bisa bahagia dan senang. Kalau kita yang di Malang, bisa mendapatkan gaji yang cukup banyak dalam pandangan saya.

Sehingga , saya yakin. Saya tidak perlu ke Jakarta. Cukup berusaha mengembangkan kota Malang dan mungkin daerah asli saya untuk bisa lebih berkembang dan mendapatkan gaji yang layak kedepannya.

Pandangan dan Goal

Ya, saya punya pandangan baru. Pandangan dan tujuan baru setelah mengetahui informasi ini. Saya memiliki amunisi, menjelaskan kepada orang tua saya, bahwa bekerja dalam industri IT yang bukan sebagai PNS / ASN / BUMN bisa mendapatkan lebih. Anak-anak dari desa mungkin sudah paham betul kalau kadang kita diminta untuk menjadi ASN/PNS/BUMN dengan alasan masa depan terjamin. Namun, tentunya dengan data ini saya bisa memberitahu kedua orang tua saya mengenai pekerjaan IT, perusahaan, pengalaman dan lain sebagainya dengan harapan. Mereka lebih merestui pekerjaan saya dan berhenti untuk menuntut menjadi ASN/PNS/BUMN 🙂 . Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih pada para senior yang mau berbagai tidak hanya pengalaman, namun juga gaji mereka.

Dengan begitu, saya bisa menambahkan goal baru,target baru. Target untuk bisa mendapatkan Gaji lebih dengan side project, target untuk bisa memberikan value lebih kepada perusahaan saya sekarang agar saya layak untuk digaji sekian. Agar saya layak untuk bisa mendapatkan kenaikan gaji dimudian hari.

Lebih Baik Mengetahui

Saya sangat dan sangat setuju dengan apa yang disampaikan oleh Dan Abramov, untuk lebih baik mengetahui daripada tidak sama sekali yang berakibat seperti apa yang saya sampaikan sebelumnya dan saya menjadi lebih bersyukur. Bersyukur dengan gaji tersebut masih bisa bertahan dan tetap bisa memberikan value lebih kepada perusahaan. Jadi bisa menjawab ketika ditanya oleh adek tingkat atau kawan. “Nanti kira-kira aku dapat gaji berapa ya mas?” “anak IT bisa dapat berapa sih?” dan pertanyaan sejenisnya.

Bukan Hanya Uang

Pada akhirnya, keputusan pribadi kitalah yang harus cukup bijak dalam mendapatkan informasi gaji tersebut. Mau kita apakan informasi tersebut ? karena saya memiliki prinsip. Bekerja tidak hanya bekerja. Tidak hanya terkait masalah uang. Tapi bagaimana kita bekerja bisa memberikan manfaat lebih, ibadah lebih dan menunaikan kewajiban sesuai tugas yang telah diemban. Sehingga kalau melihat yang sepengalaman sama saya, bidang sama saya, dan mendapatkan gaji lebih ya saya tidak iri. La wong kabeh menungso sampun diparingi rezeki saking pangeran kok, lapo kok iri?

Image result for kalau bekerja sekedar bekerja
Buya Hamka

Akhir kata, apa yang saya sampaikan merupakan opini saya sendiri sebagai pemrogram yang masih baru dalam dunia industri dan tentu saja tidak merepresentasikan para junior yang lain atau pengembang yang masih awal-awal. Hanyalah sebuah uneg-uneg dan rasa ungkapan banyak terima kasih kepada para pengembang senior-junior lain atau yang telah lama bekerja untuk membagikan informasi tersebut yang saya yakin, memiliki sedikit kemiripan dengan saya dan menjadi informasi yang sangat bermanfaat. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih kepada para pengembang yang telah berbagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *