IxDA Malang : Workshop Design Thinking

IxDA Malang sebagai salah satu komunitas interaksi desain yang ada di Malang, mendapatkan kesempatan untuk melakukan Workshop Design Thinking di ITN Malang Kampus 2 diwilayah Jl. Raya Karangploso Kabupaten Malang.

Presentasi dari Local Leader IxDA Malang

Workshop ini dilakukan atas kerjasama IxDA Malang dengan HATI ITN Malang (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) dan didukung oleh Malang Design Wave dan Dilo Malang . Perwakilan IxDA Malang sendiri ada empat orang, yaitu Mas Anggita, Ludfi, Ferdiansyah dan saya sendiri.

Workshop ini berfokus pada penggunaan metode design thinking dalam proses pembuatan sebuah produk. Pada awalnya, kami menjelaskan dan mempresentasikan mengenai fundamental Design Thinking mulai dari proses empathize sampai prototype.

Selanjutnya, adalah melakukan workshop atau praktek dimana peserta dibagi menjadi 5 kelompok untuk mencoba melakukan Design Thinking untuk bisa menemukan permasalah yang ada dikampus dan memecahkan masalah tersebut.

Sewaktu saya membantu untuk menjelaskan Design Thinking

Empathize

Pada proses ini peserta berasumsi, mengumpulkan data dan mewawancarai pengguna untuk menemukan permasalah yang ada pada SIAKAD ITN.

Proses Empathize

Defini

Pada proses ini peserta sudah mendapatkan data data permasalahan yang ada, tahap selanjutnya adalah peserta mengurutkan berdasarkan prioritas permasalah – permasalahan pada SIAKAD ITN yang penting / berdampak sangat besar bagi mahasiswa ITN.

Ideate

Proses Ideation

Proses ini adalah pencarian solusi atas permasalahan yang ada dan selanjutnya adalah pengurutan solusi yang telah dibuat oleh para peserta berdasarkan penting tidaknya solusi tersebut / dampaknya terhadap mahasiswa ITN.

Prototype

Solusi yang telah ada dan sudah diurutkan berdasarkan prioritas maka tahapan selanjutnya adalah pembuatan prototype. Prototype yang dibuat ada dua jenis, yaitu low fidelity prototype atau dengan membuat storyboard berdasarkan jenis solusi yang telah dibuat sebelumnya

Test

Testing kepada para pengguna

Tahap terakhir adalah melakukan test kepada pengguna. Pada workshop ini, para perwakilan kelompok melakukan presentasi dan mencari feedback dari pengguna berdasarkan storyboard dan low fidelity prototype.


Workshop yang dilaksanakan oleh HATI ITN bersama dengan IxDA Malang selesai setidaknya pukul 13.00 yang dimulai pukul 09.00 . Harapannya, dengan adanya workshop ini dapat meningkatkan awararness para pelaku digital untuk lebih peduli terhadap UX dan melakukan penelitian untuk setiap produk yang akan / sedang dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *