Jenis-jenis Metode Design Process dalam UI / UX

KuReview – Ada banyak metodelogi dalam membuat sebuah produk terutama dalam lingkup UI/UX Desain, serta semua disesuaikan dengan kebutuhan pada kulture perusahaan. Beberapa yang saya ketahui terkait dengan Tahapan membuat UI/UX :

Design Thinking

Metode yang sering digunakan oleh banyak perusahaan dan komunitas. Terdiri dari beberapa tahapan, yaitu Empati, Definie, Ideate, Prototype dan test yang bersifat “repeateadable” sehingga terjadi pengulangan atau iterasi pada tahapannya. Proses tersebut sifatnya tidak linear, dalam artian setelah melakukan empati, dan definisi kita bisa mengulangi lagi ke empati kembali.

Misalnya seperti ini gambarnya

Bahasan lebih lanjut bisa dilihat pada Jawaban Rifat Najmi untuk Apa itu berpikir desain (design thinking)?

Lean UX

Lean UX merupakan teknik yang dikembangkan oleh manufaktur Toyota model yang berkembang bersamaan dengan Agile Development yang berfokus untuk mengurasi kegiatan yang tidak bermanfaat dan berfokus pada nilai pada produk. Sebenarnya, Lean UX intinya adalah penggabungan Design Thinking dan Agile . Sehingga tahapannya :

  • Konsep
  • Validasi internal. Bisa berupa Product Owner
  • Prototype
  • Test External. Misalnya kepada calon pengguna produk atau para pengguna produk itu sendiri
  • Belajar atau Evaluasi dari Test External yang telah dilakukan
  • Iterasi atau mengulangi kembali semua tahapan yang telah dilakukan

Lebih lengkapnya mungkin bisa membaca Lean UX: how to get started

Proses Human Centered Design :

Human Centered Design [HCD] adalah pendekatan desain di mana desain berfokus kepada para pengguna dimana proses berfokus kepada para pengguna (users) dan melibatkan mereka dalam pembuatan produk.

Proses ini dipecah menjadi tiga fase: Inspiration (membuka diri terhadap hal hal kreatif ), ideation (datang dengan berbagai ide), dan implementasi (mengimplementasikan ide yang ada ).

Kalau menurut IDEO , prosesnya dibreakdown menjadi 6, yaitu :

  • Tahap Observasi
  • Tahap Ideation
  • Tahap Rapid Prototyping
  • Tahap User Feedback
  • Tahap Iteration
  • Tahap Implementation

Lebih lengkap bisa membaca di IDEO’s human centered design process: How to make things people love

Double Diamond

Proses yang diinisiasi oleh pemerintah UK namun seiring berkembangnya waktu, menjadi sesuatu yang dilakukan oleh banyak desainer diberbagai belahan dunia dan perusahaan. Tahapannya ada 4 yaitu

  • Discover
  • Define
  • Develop
  • Deliver

Saya kurang begitu paham isi dari Double diamon ini, namun bisa teman-teman baca pada halaman ini Design Thinking 101 — The Double Diamond Approach (Part II of II) Lebih lengkap tentang implementasinya.


Sebenarnya, ada banyak metode dalam tahapan pembuatan UI/UX. Namun, tentu saja semuanya memiliki esensi yang sama, Definisikan permasalahan, Temukan Ide, kembangkan, test dan lakukan perulangan. Namun, semuanya disesuaikan dengan culture yang ada. Sesuaikan dengan jumlah dan kemampuan serta field atau bidang yang dikerjakan. Maksudnya, semua bidang pekerjaan bisa diimplementasikan tahapan UI/UX ini. Entah dalam bidang manufaktur, teknologi informasi, kesehatan dan lain sebagainya.

Lantas, tahapan atau metodelogi apa yang sebaiknya digunakan? Itu tergantung kulture dan mana yang cocok. Ibarat bahasa pemrograman atau framework, semua ada kelebihan dan kelemahannya. Tinggal coba dan implementasinya yang diperlukan agar kita bisa mengetahui mana metode yang cocok untuk bisa digunakan.

Bagaimana mengimplementasikan Design Process ?

Saya rekomendasikan untuk membaca How to apply a design thinking, HCD, UX or any creative process from scratch Sehingga bisa ada gambaran bagaimana memulai tahapan UI/UX agar lebih tertata dan lebih terdokumentasikan dengan baik serta bisa membuat produk yang benar benar dibutuhkan oleh pengguna.


Terima Kasih. Dukung saya di Karyakarsa yaa…

https://karyakarsa.com/naufaldisatriya

Gambar dari :

UX Design Courses & Global UX Community

Des parcours diplômants et des cours gratuits 100% en ligne

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *